img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSeleb – Masyarakat dibuat khawatir dengan ditemukannya zat kimia Natrium dehidroasetat dalam kandungan roti Okko. Hal ini berujung ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menarik produk roti tersebut dari peredaran.

Lalu, kira-kira apa itu zat kimia Natrium dehidroasetat dan seperti apa dampak buruknya pada tubuh manusia? Scroll untuk informasi selengkapnya ya!

Apa Itu Natrium Dehidroasetat?

Dilansir dari Food Additives, sodium dehydroacetate (SDHA) merupakan pengawet makanan generasi baru yang menjadi alternatif untuk bahan pengawet seperti benzoat, paraben, dan sorbat.

SDHA efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, ragi, dan jamur. Oleh karena itu, bahan ini sering digunakan dalam roti dan kue-kue untuk meningkatkan stabilitas makanan sehingga memperpanjang masa simpannya. Bahan ini juga umum ditemukan dalam makanan, kosmetik, dan produk farmasi.

Ketika dilarutkan dalam air, SDHA akan terurai menjadi asam dehidroasetat. Asam ini juga memiliki sifat pengawet yang baik, namun jarang digunakan secara langsung karena tidak larut dalam air, sehingga membatasi penggunaannya dalam makanan dan kosmetik.

Topik Terkait