img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebSarapan menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan dalam melakukan pola hidup sehat. Sarapan dapat menyumbangkan 15-30 persen kebutuhan gizi harian, dengan berbagai manfaat yang dapat diperoleh. Manfaat sarapan diantaranya adalah menjaga konsentrasi, mempengaruhi kemampuan kognitif, sebagai energi untuk melakukan aktivitas, dan lainnya.

Terdapat beberapa menu makanan populer yang dijadikan sebagai menu sarapan. Akan tetapi, menu sarapan tersebut terkadang mengandung bahan yang tidak sehat.

Yuk ketahui tentang menu sarapan sehat dan optimal melalui penjelasan dari dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter!

Nasi Uduk

Pinterest
Foto : Pinterest

Hampir sebagian orang pasti pernah menjadikan nasi uduk sebagai menu sarapan. Nasi uduk sendiri merupakan menu sarapan yang lezat, namun di dalam nasi uduk mengandung santan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering atau berlebih. Nasi uduk yang sehat dapat ditambah dengan telur, ayam, tempe, tahu, sayur, dan mentimun sebagai protein.

Untuk merebus dan menggoreng isian nasi uduk pun harus hati-hati, yakni dengan menggunakan minyak bersih dan bahan yang direbus dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Nasi uduk juga biasanya dilengkapi dengan bihun atau mie kuning. Namun, dua bahan tersebut sama-sama mengandung karbohidrat sehingga perlu diatur porsi karbohidrat yang akan dikonsumsi.

Topik Terkait