img_title
Foto : Rjuniansyah_/instagram

IntipSeleb – Sosok Rizki Juniansyah baru saja menorehkan sejarah baru yang mengharumkan Indonesia. Ia berhasil membawa pulang medali emas dari Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga angkat besi 73 kg putra.

Rizki Juniansyah juga dinobatkan sebagai atlet Indonesia termuda yang menyabet medali emas di ajang olimpiade, setelah sebelumnya rekor tersebut dipecahkan oleh Susy Susanti.

Selain itu, Rizki Juniansyah berasal dari keluarga yang memiliki latar belakang mentereng di bidang angkat besi loh.

Kenalan lebih dekat yuk dengan Rizki Juniansyah lewat biodata serta deretan faktanya di bawah ini.

Momen Rizki Juniansyah Sabet Emas di Olimpiade Paris

Instagram
Foto : Instagram

Aksi Rizki di South Paris Arena 6 pada Jumat dini hari WIB, 9 Agustus 2024, benar-benar menyedot perhatian dunia.

Rizki Juniansyah berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga angkat besi 73 kg putra, menungguli lifter asal Thailand Weeraphon Wichuma dan lifter Bulgaria Dimitrov Bozhidar.

Selain membawa pulang emas, Rizki Juniansyah juga memecahkan rekor. Pada awal pertandingan, ia menghadapi tantangan berat di angkatan snatch. Percobaan pertama dengan beban 155 kg belum membuahkan hasil, namun Rizki Juniansyah tak menyerah. Dia berhasil mengangkat 155 kg pada percobaan kedua, meskipun belum berhasil pada percobaan selanjutnya dengan beban 162 kg. Catatan terbaik di snatch tetap di angka 155 kg.

Tiba di angkatan clean and jerk, Rizki Juniansyah menunjukkan ketangguhannya. Dia berhasil mengangkat 191 kg dalam percobaan pertamanya, sebuah prestasi yang memukau.

Pada angkatan clean and jerk, ia berhasil mengangkat 191 kilogram pada attempt pertama sehingga mencatatkan rekor Olimpiade dengan angkatan 199 kilogram.

Atlet Angkat Besi Pertama Peraih Medali Emas di Olimpiade

rjuniansyah_/instagram
Foto : rjuniansyah_/instagram

Dengan itu Rizki Juniansyah tercatat sebagai atlet angkat besi pertama Indonesia yang membawa pulang medali emas di ajang Olimpiade.

Atlet berusia 21 tahun ini memang telah menunjukkan taringnya di dunia angkat besi. Ia sempat hiatus lama karena usus buntu yang dideritanya, namun kembali bangkit di IWF World Cup 2004 di Phuket, Thailand.

Sebelumnya di level junior, Rizki Juniansyah menjadi juara dalam Junior World Championships pada 2021 dan 2022.

Atlet Termuda yang Dapat Emas

rjuniansyah_/instagram
Foto : rjuniansyah_/instagram

Rizki Juniansyah dinobatkan sebagai atlet Indonesia termuda yang menyabet medali emas di ajang Olimpiade, setelah sebelumnya rekor tersebut dipecahkan oleh pebulutangkis Susy Susanti yang sudah bertahan 32 tahun.

Sebagai informasi, Susy Susanti memenangkan medali emas tunggal putri di Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona, Spanyol.

Saat menerima medali emas di Olimpiade Paris 2024, Rizki Juniansyah tercatat menginjak usia 21 tahun, 1 bulan, dan 22 hari.

Latar Belakang Keluarga Rizki Juniansyah

Instagram
Foto : Instagram

Rizki Juniansyah ternyata berasal dari keluarga yang mentereng di dunia angkat besi. Ia sudah akrab dengan olahraga tersebut sejak kecil, dan mulai menekuninya ketika menginjak usia 9at hun.

Perjalanan Rizki Juniansyah di bidang angkat besi tidak lepas dari peran kedua orang tuanya.. Ayah Rizki Juniansyah yakni Muhammad Yasin adalah mantan atlet angkat besi Indonesia yang menorehkan prestasi di SEA Games 1983 sampai 1993.

Sementara itu sang ibu yakni Yeni Rohaeni juga merupakan atlet angkat besi dari Provinsi Banten.

Biodata Rizki Juniansyah

Nama: Rizki Juniansyah
Lahir: Serang, Banten, 17 Juni 2003
Usia: 21 tahun
Keluarga: Muhammad Yasin (ayah), Yeni Rohaeni (ibu
Profesi: Atlet Angkat Besi
Instagram:

Itu tadi biodata dan deretan fakta tentang Rizki Juniansyah, atlet angkat besi asal Indonesia yang baru saja membawa pulang medali emas dari Olimpiade Paris 2024.

Topik Terkait