img_title
Foto : IntipSeleb/Alfa

JakartaJakarta Music Con 2024 hari ini, Minggu, 14 Juli 2024 masih digelar di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Acara ini menggelar serangkaian acara yang seru dan culture abis, salah satunya adalah konferensi musik yang diisi oleh orang-orang yang telah berkecimpung di dunia musik.

Termasuk di antaranya adah Raisa Andriana, Andri Verraning Ayu (Antara Suara) dan Adryanto Pratono (Juni Records). Bersama Adit Insomnia, mereka mengupas seluk beluk konser tunggal dan festival musik serta hal-hal di antaranya. Penasaran? Yuk scroll lebih lanjut!

Kekhawatiran untuk Gelar Konser Tunggal

IntipSeleb/Alfa
Foto : IntipSeleb/Alfa

Menjamurnya festival musik di Indonesia bak dua sisi mata uang. Meski membawa dampak baik bagi industri musik, terkadang festival membuat beberapa musisi cenderung tak ingin beranjak dari zona nyamannya.

Andri Verraning Ayu dari Antara Suara menjelaskan bahwa salah satu faktor yang berpengaruh adalah minimnya tawaran konser tunggal dan insecurity dari para musisi.

"Di Indonesia itu lebih sering dapet tawarannya festival mungkin ya atau dapet kesempatan tuh selalu main di acara orang, tapi jarang yang menawarkan untuk bikin konser sendiri. Uniknya, musisi Indonesia itu banyak yang belum pede untuk bikin konser sendiri. Ada kekhawatiran kayak tiketnya tuh bakalan laku nggak sih. Terlalu banyak overthinking sehingga membuat mereka fokus perform di acara orang," ungkapnya dalam sebuah talkshow di Jakarta Music Con 2024 yang digelar di M Bloc Space Minggu, 14 Juli 2024.

Topik Terkait