img_title
Foto : Pledis Entertainment

Korea Selatan – Satu-persatu anggota grup Kpop SEVENTEEN akan mulai menjalani dinas wajib militernya di tahun 2024 ini, dengan diawali oleh Jeonghan.

Dengan itu Jeonghan dikonfirmasi tidak akan berpartisipasi dalam promosi mini album ke-12 SEVENTEEN, juga tur dunia SEVENTEEN ‘RIGHT HERE’ yang akan dimulai pada tahun ini.

Sebagai informasi, laki-laki di Korea Selatan yang berusia 18 - 28 tahun dengan kondisi sehat harus menjalani wajib militer dengan periode waktu berbeda, yakni dari mulai 18 bulan sampai 21 bulan berdasarkan cabang militer pilihannya.

Leader sekaligus anggota tertua SEVENTEEN yakni S.Coups dibebaskan dari wajib militer karena cedera serius yang dideritanya.

Sementara itu 3 anggota SEVENTEEN yakni Joshua, Jun, dan The8 tidak menjalani wajib militer karena Joshua merupakan pemegang paspor Amerika Serikat, sementara itu Jun serta The8 berkewarganegaraan Tiongkok.

Dengan demikian ada ada 9 anggota SEVENTEEN yang akan menjalani wajib militer. Berikut perkiraan urutan wajib militer anggota SEVENTEEN lewat ulasan di bawah ini.

1. Jeonghan SEVENTEEN

jeonghaniyoo_n/instagram
Foto : jeonghaniyoo_n/instagram

Pada 12 Agustus 2024, PLEDIS Entertainment menyatakan jika Jeonghan akan menjalani wajib militernya di tahun ini sehingga ia tidak akan berpartisipasi dalam promosi mini album ke-12 SEVENTEEN dan konser tur dunia SEVENTEEN ‘RIGHT HERE' WORLD TOUR.

2. Hoshi SEVENTEEN

Pledis Entertainment
Foto : Pledis Entertainment

Anggota SEVENTEEN selanjutnya yang diperkirakan akan menjalani wajib militer adalah Hoshi. Ia diharuskan untuk mendaftar sebelum berusia 29 tahun pada Juni 2025 mendatang. Kendati demikian, jadwal tersebut bisa menjadi lebih cepat dari perkiraan.

3. Wonwoo SEVENTEEN

pledis_17/twitter
Foto : pledis_17/twitter

Wonwoo merupakan idol kelahiran tahun 1996 yang diharuskan mendaftar wajib militer sebelum Juli 2025 mendatang sebelum ulang tahunnya yang ke-29 tahun.

4. Woozi SEVENTEEN

www.instagram.com/woozi_universefactory
Foto : www.instagram.com/woozi_universefactory

Woozi SEVENTEEN paling lambat harus mendaftarkan wajib militernya pada tahun 2025 ketika usianya menginjak 29 tahun di tanggal 22 November 2025.

5. DK SEVENTEEN

ELLE
Foto : ELLE

DK SEVENTEEN akan menginjak usia 29 tahun pada 18 Februari 2026 mendatang, dengan begitu ia diperkirakan akan mulai menjalani wajib militer di awal tahun 2026 atau akhir tahun 2025.

6. Mingyu SEVENTEEN

pledis entertainment
Foto : pledis entertainment

Mingyu SEVENTEEN paling lambat harus menjalani wajib militer pada 6 April 2026 ketika usianya telah menginjak 30 tahun. Kendati demikian sama seperti DK, Mingyu juga bisa menjalani wajib militer pada awal tahun 2026 atau akhir tahun 2025.

7. Seungkwan SEVENTEEN

Newsen
Foto : Newsen

Seungkwan merupakan anggota SEVENTEEN kelahiran tahun 1998, sehingga usianya akan menginjak 29 tahun pada 2027 mendatang. Dengan begitu Seungkwan diperkirakan menjalani wajib militer sekitar paruh kedua tahun 2026 atau awal 2027.

8. Vernon SEVENTEEN

1st LOOK
Foto : 1st LOOK

Vernon merupakan anggota SEVENTEEN yang lahir di Amerika Serikat dan memiliki darah Korea-Amerika Serikat. Kendati begitu Vernon merupakan pemegang kewarganegaraan Korea Selatan sehingga ia diharuskan untuk menjalani wajib militer.

Sama seperti Seungkwan, Vernon yang lahir di tahun 1998 diperkirakan menjalani wajib militer sekitar paruh kedua tahun 2026 atau awal 2027.

9. Dino SEVENTEEN

YouTube/HYBE LABELS
Foto : YouTube/HYBE LABELS

Dino adalah anggota termuda di SEVENTEEN yang lahir pada 1999. Dengan begitu ia paling lambat harus mendaftarkan wajib militer sebelum usianya 29 tahun pada Februari 2028 mendatang. Meski begitu Dino juga bisa memutuskan untuk menjalani dinas wajib militer lebih awal di tahun 2028.

Itu tadi prediksi urutan wajib militer anggota SEVENTEEN.

Topik Terkait