img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Ada banyak tempat liburan di Banten yang bisa kamu kunjungi ketika hendak liburan. Tak terlalu jauh dari Jakarta, Banten kaya akan wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Terletak di ujung selatan pulau Jawa, yuk intip sederet rekomendasi tempat liburan di Banten yang murah dan wajib dikunjungi saat liburan!

Pantai Anyer

Lamudi
Foto : Lamudi

Pantai Anyer merupakan salah satu tempat liburan murah di Banten yang jadi salah satu wisata terpopuler di kalangan warga Jakarta dan sekitarnya.

Pantai di Banten ini menawarkan hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang cantik, sehingga cocok untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti renang, snorkeling dan berselancar.

Alamat: Jalan Raya Anyer, Sindanglaya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Jam buka: 24 jam

HTM: Rp5 - 20 ribu

Pantai Tanjung Lesung

IHGMA
Foto : IHGMA

Masih soal pantai, rekomendasi tempat liburan di Banten yang murah selanjutnya adalah Pantai Tanjung Lesung. Tak jauh dari pusat kota Jakarta, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam saja, lho.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan di sana selain menikmati pemandangan pantai, yaitu menyaksikan pertunjukan seni Banten, snorkeling hingga menaiki banana boat.

Alamat: Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten

Jam buka: 24 jam

HTM: Rp25 - 40 ribu

Taman Nasional Ujung Kulon

Traveloka
Foto : Traveloka

Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di ujung barat daya Pulau Jawa merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang layak dijadikan destinasi liburan.

Di Taman Nasional ini terdapat konservasi badak Jawa yang terancam punah. Ada pula spesies lain seperti banteng, rusa, macan tutul, dan berbagai spesies burung lainnya.

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.51 Kec. Labuan, Kab, Pandeglang, Provinsi Banten

Jam buka: 24 jam

HTM: Rp5 – 25 ribu

Cagar Alam Rawa Danau

GenPi Banten
Foto : GenPi Banten

Rekomendasi tempat liburan di Banten yang murah selanjutnya adalah Cagar Alam Rawa Danau. Dikategorikan sebagai kawasan konservasi, tempat ini memiliki luas area sebesar 2500 hektar.

Rawa Danau juga menjadi ekosistem tempat keragaman tumbuhan dan satwa. Tempat ini juga berperan penting dalam pengaturan siklus air sebagai penyangga banjir alami. Di sini, kamu bisa melakukan trekking, bird watching, dan menyaksikan pemandangan serta berburu foto.

Alamat: Pusat Informasi Cagar Alam, Kab. Serang, Jl. Raya Mancak, Luwuk, Kec. Cikeusal, Kab, Serang, Banten.

Jam buka: 06.00 – 17.00

HTM: Rp15 ribu

Benteng Speelwijk

Traveloka
Foto : Traveloka

Rekomendasi tempat liburan di Banten yang murah selanjutnya adalah Benteng Speelwijk. Benteng peninggalan Belanda ini didirikan oleh Gubernur Jenderal Cornelis Janszoon Speelman tahun 1682 sebagai pertahanan militer.

Sisa-sisa bangunan seperti gerbang utama yang masih berdiri kokoh ini sangat estetik sehingga cocok untuk dikunjungi jika kamu menyukai fotografi dan wisata sejarah.

Alamat: Kampung Pamarican, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten

Jam buka: 24 jam

HTM: Rp5 – 10 ribu

Topik Terkait