img_title
Foto : Shutter stock

IntipSeleb – Inselicious! Kali ini kita akan membahas tentang penyakit yang mungkin sering bikin kita khawatir, yaitu hepatitis. Dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter memberikan penjelasan yang super lengkap tentang hepatitis, mulai dari jenis-jenisnya, cara penularan, hingga bagaimana cara mencegahnya.

Pengertian Hepatitis dan Jenis-jenisnya

Shutter stock
Foto : Shutter stock

Hepatitis adalah infeksi atau inflamasi yang terjadi pada hati atau liver. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling sering adalah virus. Jenis-jenis hepatitis yang kita kenal antara lain hepatitis A, B, C, D, dan E. Selain itu, ada juga hepatitis akibat alkohol, obat-obatan, dan bahkan autoimun. Jadi, hepatitis ini bukan hanya satu jenis saja, banyak ragamnya!

Biasanya, pasien hepatitis tidak langsung merasakan gejala. Namun, jika sudah parah, gejalanya bisa muncul dan cukup mengganggu. Beberapa gejala yang sering muncul adalah mual, muntah, demam, lemas, nyeri perut, tinja pucat, air kencing berwarna coklat, nyeri sendi, dan kuning pada tubuh serta mata. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga medis.

Faktor Risiko Penyakit Hepatitis

Pinterest
Foto : Pinterest
Topik Terkait