img_title
Foto : Instagram @kimbabfamily.official

IntipSeleb – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kimbab Family, sebuah keluarga multikultural Indonesia-Korea yang kerap membagikan vlog keseharian mereka di YouTube.

Dalam keluarga ini, mama Gina dan appa Jay yang berasal dari dua budaya berbeda memiliki tantangannya sendiri dalam mendidik tiga anak mereka yaitu Suji, Yunji, dan Jio yang kini semakin beranjak dewasa.

Penasaran? Yuk intip 5 tips parenting ala Kimbab Family!

Mengajarkan Pemahaman Dua Budaya Berbeda

Pinterest
Foto : Pinterest

Berasal dari dua budaya berbeda yaitu Indonesia dan Korea, mama Gina dan appa Jay senantiasa menggunakan bahasa mereka masing-masing dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini yang kemudian diikuti oleh Suji, Yunji, dan Jio sehingga mereka dapat mengetahui dan bertoleransi dengan adanya perbedaan budaya. Kimbab Family juga beberapa kali mengadakan challenge dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa sunda.

Melatih Mandiri Sejak Kecil

Instagram.com/kimbab.familyofficial
Foto : Instagram.com/kimbab.familyofficial

Mama Gina dan appa Jay kerap mengikutsertakan anak-anak mereka dalam berdiskusi ringan. Hal ini dilakukan agar anak mereka dapat melatih pemikirannya sendiri, sehingga juga dapat membuat sang anak dapat merasa dihargai akan kehadiran dan pendapat mereka. Mandiri disini juga dalam melakukan hal seperti membereskan mainan setelah bermain dan membantu membersihkan rumah.

Membatasi Pemakaian Gadget

Instagram.com/kimbab.familyofficial
Foto : Instagram.com/kimbab.familyofficial

Meski sudah memasuki era serba gadget, mama Gina dan appa jay membuat kesepakatan pemakaian gadget kepada anak-anak mereka mengenai batasan bermain gadget, yang tentunya tetap dalam pengawasan orang tua.

Memberikan Ruang untuk Anak Saat Anak Bersalah

Instagram.com/kimbab.familyofficial
Foto : Instagram.com/kimbab.familyofficial

Mama Gina dan appa Jay kerap memberikan ruang untuk anak-anak mereka setelah melakukan kesalahan. Pemberian ruang ini dimaksudkan agar anak dapat introspeksi diri, dengan memahami kesalahan yang telah mereka buat, dan mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.

Menunjukkan Kasih Sayang Satu Sama Lain

Instagram/@kimbabfamily.official
Foto : Instagram/@kimbabfamily.official

Suji, Yunji, dan Jio juga kerap diajarkan untuk saling memberikan dan menunjukkan kasih sayang satu sama lain. Jika mereka bertengkar pun, mereka dibiasakan untuk segera meminta maaf dan berkata jujur mengenai hal yang menyebabkan pertengkaran. Tidak lupa, mereka juga membiasakan berpelukan untuk berbaikan.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait