img_title
Foto : Pinterest/Freepik

IntipSeleb – Siapa yang tak kenal biduran? Penyakit kulit satu ini kerap membuat kita gelisah dengan rasa gatal yang tiba-tiba muncul dan sangat menyiksa. Ditandai dengan ruam merah atau merah muda yang mendadak datang, biduran atau urtikaria ini bisa menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga dewasa, dan dapat muncul di mana saja pada tubuh.

Lalu, bagaimana cara mengatasi biduran agar tidak semakin parah? Yuk, intip penjelasan dari dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter berikut ini!

Apa Itu Biduran?

www.freepik.com/8photo
Foto : www.freepik.com/8photo

Biduran, atau dalam istilah medis disebut urtikaria, adalah kondisi hipersensitivitas pada kulit yang sering kali disebabkan oleh alergi. Gejala utamanya adalah munculnya ruam merah berbentuk bentol, bengkak, dan tentunya rasa gatal yang luar biasa. Bentol ini bisa muncul di berbagai tempat di tubuh dan biasanya hilang dalam hitungan jam, meski ada juga yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk mereda.

Penyebab utama biduran adalah pelepasan histamin, zat inflamasi dalam tubuh yang dilepaskan oleh sel imun sebagai respons terhadap alergi. Alergi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti makanan, obat-obatan tertentu, hewan peliharaan, udara dingin, lateks, infeksi, stres fisik, atau reaksi lingkungan seperti serangga dan debu. Bahkan, paparan sinar matahari berlebih dan penyakit autoimun juga dapat memicu biduran.

Mengatasi Biduran

Topik Terkait