img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb – Libur panjang sekolah telah usai, kini saatnya untuk kembali memulai aktivitas sekolah dan belajar seperti biasa. Namun, tidak jarang tubuh menjadi malas gerak untuk beraktivitas karena sudah terlanjur nyaman dengan suasana saat berlibur.

Meski terasa berat, namun kamu tetap harus menjalankan rutinitas tersebut. Nah supaya bisa tetap semangat, yuk intip 5 tips fokus belajar setelah libur sekolah!

Buat Rencana Belajar

Pexels.com
Foto : Pexels.com

Hal yang pertama yang bisa dilakukan ialah dengan membuat rencana belajar. Rencana belajar tersebut mulai dari mata pelajaran yang akan dipelajari, kapan waktu belajar, dan juga waktu istirahat saat belajar. Tidak perlu terlalu ambisius dalam belajar, asalkan bisa memenuhi target pembelajaran itu sudah cukup kok!

Membeli Perlengkapan Baru

pexels
Foto : pexels

Rasanya kadang ada yang kurang kalau habis liburan, tetapi peralatan sekolah masih pakai yang lama. Supaya bisa fokus dalam belajar, membeli perlengkapan baru jadi salah satu tipsnya. Perlengkapan baru yang digunakan untuk belajar seperti alat tulis maupun buku baru dapat meningkatkan fokus kita, karena kita dapat merasakan senang dengan memakai perlengkapan tersebut.

Mulai Belajar dengan Materi yang Menurutmu Menarik

Pinterest
Foto : Pinterest

Belajar dengan materi yang menurut kamu menarik dapat membuat diri kamu lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar. Cara ini dapat membuat kamu semakin tertantang untuk mempelajari materi yang sulit, membantu kamu kembali ke ritme belajar, dan membuat otak dapat beradaptasi sesuai kemampuan.

Menciptakan Suasana Belajar Baru

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menciptakan suasana belajar baru menjadi hal yang penting untuk dapat mengembalikan semangat dan fokus belajar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana baru. Misalnya mencari teknik belajar baru, menambahkan pengharum ruangan agar suasana lebih rileks, mencoba belajar dengan mendengarkan musik jika tidak begitu suka suasana yang terlalu hening, belajar dari internet dengan audio visual yang menarik, dan juga mencari suasana baru dengan belajar di perpustakaan maupun cafe.

Menentukan Reward Pembelajaran

Pexels.com
Foto : Pexels.com

Adanya reward pembelajaran dapat menambah motivasi kamu dalam belajar. Reward menjadi kepuasaan tersendiri yang akan kamu terima, dimana akhirnya membuat kamu ingin segera menyelesaikan pembelajaran. Walaupun awalnya fokus belajar karena reward, tetapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan paham bahwa belajar penting untuk dilakukan.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait