img_title
Foto : Www.freepik.com/rawpixel.com

IntipSelebFlek hitam merupakan noda berwarna hitam yang biasanya terdapat di area kulit seperti wajah, leher, tangan, hingfa punggung.

Kondisi tersebut terjadi karena pigmentasi kulit secara berlebihan. Kendati begitu meski kehadirannya tidak membahayakan, namun flek hitam cukup mengganggu terlebih bisa mengurangi kepercayaan diri.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan memberikan informasi seputar flek hitam dari mulai penyebab, jenis-jenisnya, dan cara mencegahnya. Simak yuk lewat ulasan di bawah ini.

Penyebab Flek Hitam

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Ekles Senduk, D.AAAM, M.Kes menjelaskan jika ada 3 jenis flek hitam yang bisa ditemui, yaitu:

  • Freckles, flek yang biasa berwarna comlat terang dan ada di permukaan sehingga lebih mudah mengatasinya
  • Lentigo, flek yang ukurannya seperti koin uang dan cenderung timbul pada orang yang sudah tua
  • Melasma, flek yang bentuknya lebih besar dan berwarna coklat gelap, flek jenis ini sudah mencapai bagain kulit terdalam

Ada berbagai faktor yang bisa mengundang datagnya flek hitam, diantaranya faktor genetik atau keturnan, faktor hormon yang biasa terjadi saat masa pubertas atau pekaiaan jenis kontrasepsi tertentu, faktor bertambahnya usia, dan faktor dari luar yaitu paparan sinar matahari dan sinar UV berlebih.

Cara Mengatasi Flek Hitam

Pinterest
Foto : Pinterest

Lantas, bagaimana cara mencegah terjadinya flek hitam di wajah?

Dokter dr. Ekles Senduk, D.AAAM, M.Kes membocorkan sejumlah tips untuk mencegah hadirnya flek hitam di wajah atau area kulit lainnya yaitu dengan:

  • Kurangi paparan dengan sinar UV
  • Gunakan tabir surya terlebih jika berkegiatan di luar ruangan
  • Konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C
Topik Terkait