img_title
Foto : Unsplash/Mika Baumeister

IntipSeleb – Belakangan ini, publik dibuat resah usai Pusat Data Nasional (PDN) mengalami kebocoran data. Data-data ini meliputi dokumen sensitif dan rahasia hingga informasi pribadi seperti nama, nomor ponsel, hingga alamat tempat tinggal yang sempat beredar di darkweb dan dapat diperjualbelikan!

Kejadian ini menuai kritik dari berbagai pihak terhadap lemahnya keamanan database di Indonesia yang beranggaran ratusan miliar. Namun, sebenarnya apa itu database dan seberapa penting hal ini bagi Indonesia? Scroll untuk informasi selengkapnya.

Apa Itu Database?

Unsplash/Caspar Camille Rubin
Foto : Unsplash/Caspar Camille Rubin

Database atau basis data merupakan sekumpulan informasi yang tersusun rapi dan disimpan secara elektronik di dalam sistem komputer. Informasi tersebut dapat berupa teks, angka, gambar, video, atau gabungan dari semuanya.

Sering kali, data mengandung informasi sensitif yang harus dilindungi agar tidak jatuh ke pihak yang tidak berwenang. Jika data tersebut bocor, itu dapat menyebabkan kerugian besar bagi organisasi atau individu yang bersangkutan.

Dengan itu, bisa kamu bayangkan dampaknya jika kebocoran data dari database terjadi bukan hanya pada individu, tetapi juga pada negara?

Topik Terkait