img_title
Foto : Wikipedia | Mettl Blog

IntipSeleb – Kata sanguin, plegmatis, koleris, dan melankolis mungkin saja sudah tidak asing didengar karena dikerap diucapkan seseorang untuk menilai kepribadian orang lain.

Sanguin, plegmatis, koleris, dan melankolis merupakan 4 tipe kepribadian manusia yang sudah dikenal sejak dahulu kala.

Melansir dari Psychologia, tipologi ini adalah bagian dari pengobatan Yunani-Arab yang berhasil digunakan untuk mengobati penyakit.

Setiap orang dipercaya memiliki proporsi cairan yang berbeda-beda di dalam tubuhnya yang menentukan tempramen dan tipe psikologis seseorang.

Cari tahu yuk 4 tipe kepribadian manusia beserta ciri-cirinya lewat ulasan di bawah ini.

Sanguin

Saguin berpacu pada istilah darah. Biasanya orang dengan tipe kepribadian ini tidak biasa diam dan akan mencari-cari kegiatan baru untuk mengatasi rasa bosannya.

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian sanguin cenderung optimis, lincah, periang, kreatif dan mampu mengambil resiko tinggi.

Kendati begitu kepribadian ini bisa berdampak negatif pada hubungan asmara dan hubungan-hubungan lainnya antar sesama manusia jika tidak dikontrol.

Plegmatis

Plegmatis memiliki istilah lendir. Seseorang yang memiliki kepribadian ini biasanya suka bergaul dan membangun relasi harmonis dengan orang lain sehingga mereka digambarkan sebagai sosok yang setia juga penyayang.

Orang dengan kepribadian plegmatis cenderung menghindari konflik dan berusaha netral. Selain itu orang yang memiliki kepribadian ini juga punya pengendalian diri yang bagus dan pandai menyembunyikan emosi.

Koleris

Koleris memiliki istilah yellow bile atau empedu kuning. Orang yang memiliki kepribadian ini digambarkan sebagai sosok yang paham akan dirinya, serta berorientasi pada tujuan utamanya,

Kepribadiannya yang cerdas, analitis, logis, dan juga lugas lugas membuat orang dengan tipe kepribadian ini tidak suka basa-basi, serta lebih suka menyendiri daripada harus ditemani dengan orang yang tidak satu frekuensi.

Melankolis

Melankolis memiliki lambang empedu hitam. Seseorang dengan tipe kepribadian ini memiliki karakter sensitif dan perfeksionis.

Karakter tersebut membuat orang berkepribadian melankolis cenderung sangat teliti dan mampu menganalisis dengan tajam juga mendalam.

Seseorang dengan tipe kepribadian melankolis kerap terlihat tertutup, murung, dan mudah khawatir, oleh sebabnya mereka nyaman dengan zonanya dan tidak mencari hal-hal baru.

Itu tadi 4 tipe kepribadian manusia dan ciri-cirinya, kamu yang mana?

Topik Terkait