img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSelebWasir atau ambeien adalah suatu proses yang disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah yang ada di anus atau di area rektum bagian bawah. Ambeien dianggap tidak normal apabila bantalan anal tersebut membesar serta menyebabkan rasa tidak nyaman dan pendarahan.

Gejala dan tingkatan stadium ambeien sendiri terbagi ke dalam beberapa fase. Yuk intip penjelasan dr. Gammarida Maghfirah di kanal YouTube Kata Dokter berikut ini!

Apa Itu Ambeien?

Freepik/brgfx
Foto : Freepik/brgfx

Wasir atau ambeien adalah suatu proses yang disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah yang ada di anus atau di area rektum bagian bawah. Ambeien dianggap tidak normal apabila bantalan anal tersebut membesar serta menyebabkan rasa tidak nyaman dan pendarahan.

Pembengkakan ini biasanya disertai dengan kelemahan otot mukosa di bagian rektum atau anus sehingga terjadi benjolan. Nah, benjolan ini bisa keluar dari anus.

Wasir atau hemoroid ini terbagi menjadi dua, yakni interna, yang terdapat di dalam rektum, dan eksterna yang terdapat di luar rektum atau di area anus.

Topik Terkait