img_title
Foto : Kata Dokter/YouTube

IntipSeleb – Jenis tumbuhan serai atau sereh tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, dan mudah ditemuikan di berbagai lokasi perbelanjaan bahan makanan.

Serai merupakan tumbuhan yang kerap dimanfaatkan untuk menambah wangi dan cita rasa suatu masakan. Selain itu di beberapa daerah serai juga digunakan sebagai campuran minuman hangat yang dipercaya bisa meningkatkan stamina tubuh.

Namun ternyata manfaat serai tidak sampai situ saja, tumbuhan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kaum wanita.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan rangkuman tentang manfaat dari serai untuk wanita, scroll yuk selengkapnya!

Kandungan Serai Bisa Bunuh Sel Kanker

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Melansir dari YouTube Kata Dokter, DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si menjelaskan dua jenis serai yakni serai wangi dan serai dapur.

Untuk kegunaannya, serai wangi kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat essential oil atau minyak asiri. Sementara itu untuk serai dapur kerap kali ditemuikan di berbagai tempat perbelanjaan sebagai tambahan bumbu dapur.

Dijelaskan bahwa sereh memiliki sifat antikanker. Senyawa-senyawa aktif yang terkandung di dalamnya misalnya zat sitral yang terdapat pada essential oil bisa membunuh sel-sel kanker, diantaranya sel kanker payudara, sel kanker leher rahum, dan sel kanker lainnya.

Serai Bisa Mencegah Penyakit Kanker

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Mengkonsumsi serai dapur misalnya dengan meminum air seduhannya dapat membantu mencegah penyakit kanker. Selain itu minuman ini juga baik sekali dikonsumsi oleh orang yang sudah menderita kanker.

“Sereh ini sifatnya sebagai antikanker maka juga akan membantu pengobatan konvensionla atau pengobatan standar yang dilakukan di rumah sakit,” ujar DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.

Manfaat serai lainnya antara lain bisa memperbaiki pencernaan serta pengurangi mual dan muntah yang biasa terjadi akibat efek samping kemoterapi yang dialami penderita kanker.

Itu tadi rangkuman tentang manfaat dari tumbuhan serai, semoga informasinya membantu kamu ya.

Topik Terkait