img_title
Foto : Freepik

IntipSelebTablet penambah darah, yang sering disebut juga dengan tablet zat besi, adalah suplemen yang sangat umum dikonsumsi oleh wanita. Suplemen ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh dan mencegah terjadinya anemia. Di era media sosial seperti sekarang, tablet penambah darah sering dianggap sebagai suplemen wajib bagi wanita. Melalui kanal YouTube "Kata Dokter," dr. Gammarida Magfirah memberikan penjelasan lengkap mengenai manfaat dan penggunaan tablet ini.

Tablet penambah darah mengandung ferosulfat atau zat besi, yang berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

Kekurangan hemoglobin atau zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk mengangkut oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Kondisi ini sering ditandai dengan gejala seperti lemah, lelah, lesu, lunglai, dan lalai — dikenal dengan istilah "5L".

Mengapa Wanita Membutuhkan Tablet Penambah Darah?

Freepik
Foto : Freepik

Wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena anemia, terutama karena menstruasi yang menyebabkan kehilangan darah setiap bulan.

Menurut dr. Gammarida, tablet penambah darah sangat bermanfaat bagi wanita, terutama untuk menjaga kestabilan hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, beberapa produk tablet penambah darah juga mengandung multivitamin dan mineral lain yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Topik Terkait