img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Siapa bilang fashion cuma soal tren dan gaya kekinian? Pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia juga punya pesona tersendiri, lho! Di tengah maraknya tren busana modern, pakaian adat tetap memancarkan pesonanya dan punya nilai historis yang tinggi. Gimana nggak? Setiap motif dan detailnya punya cerita dan makna yang dalam, yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Yuk, kita bahas lebih dalam tentang beberapa pakaian adat yang wajib kamu kenal dan coba. Siapa tahu bisa jadi inspirasi gaya baru buat kamu!

Pakaian Adat Jawa


source: Traveloka

Kalau ngomongin pakaian adat Jawa, pasti langsung kepikiran kebaya dan beskap. Kebaya Jawa terkenal dengan desainnya yang anggun dan elegan. Biasanya dipakai oleh wanita dengan kain jarik yang diikat di pinggang. Gak cuma itu, ada juga baju surjan dan beskap buat para pria yang biasanya dipadukan dengan blangkon. Semua elemen dalam pakaian adat Jawa ini punya filosofi yang dalam, lho!

Misalnya, blangkon yang dipakai pria Jawa nggak cuma sebagai penutup kepala, tapi juga simbol kepatuhan dan kedisiplinan. Warna-warna kain yang digunakan juga sarat makna, seperti warna hitam yang melambangkan kebijaksanaan dan kematangan. Selain itu, motif batik yang digunakan pun nggak asal pilih. Setiap motif punya arti dan hanya digunakan pada acara tertentu. Misalnya, motif parang biasanya dipakai oleh kalangan bangsawan pada acara resmi.

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba atau ingin tahu lebih banyak tentang pakaian adat Jawa, banyak toko di Tokopedia yang jual berbagai jenis kebaya, kain batik, dan aksesoris pendukung lainnya. Tinggal cari aja yang sesuai selera kamu!

Topik Terkait