img_title
Foto : Pinterest_topsante

IntipSelebKencing nanah atau gonore merupakan salah salah satu penyakit menular seksual yang umumnya dialami oleh pria. Meski begitu, wanita juga dapat mengalami penyakit kencing nanah. Kencing nanah biasanya terjadi pada bagian tubuh yang hangat dan lembab, seperti kemaluan, anus, atau tenggorokan.

Yuk ketahui tentang kencing nanah melalui penjelasan dari dr. Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) di kanal YouTube Kata Dokter!

Apa itu kencing nanah (Gonore)?

Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae. Gonore dapat ditularkan melalui hubungan seksual berisiko. Tidak hanya dapat menular dari hubungan kelamin ke kelamin, tetapi juga hubungan kelamin ke mulut dan ke anus.

Gejala kencing nanah

pinterest_topsante
Foto : pinterest_topsante

Orang yang mengalami kencing nanah memiliki ciri-ciri yang berbeda antara pria dan wanita. Pada pria dicirikan dengan keluarnya nanah, sedangkan pada wanita umumnya tidak menimbulkan gejala, tetapi bisa juga mengalami keputihan.

Cara mengobati dan mencegah kencing nanah

pinterest_womenshealthmag
Foto : pinterest_womenshealthmag

Kencing nanah dapat diobati dengan cara pemberian antibiotik. Kencing nanah dapat dicegah dengan cara menghindari hubungan seksual berisiko tinggi, yakni gonta ganti pasangan maupun melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom.

Kencing nanah menimbulkan komplikasi

Meskipun kencing nanah dapat diobati, namun dapat menimbulkan komplikasi jika melakukan pengobatan yang tidak tepat maupun terlambat. Komplikasi yang terjadi ialah mengalami radang panggul pada wanita, serta mengalami penyakit epididimitis (peradangan pada saluran presma karena bakteri) pada pria.

Pada intinya, hindarilah hubungan seksual berisiko tinggi dan setiap pada pasangan.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait