img_title
Foto : AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

IntipSeleb - Pada Kamis, 8 Agustus 2024, atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mencatat sejarah dengan meraih medali emas pertama di nomor speed putra pada Olimpiade Paris 2024.

Bertanding di Le Bourget Sport Climbing Venue, Veddriq berhasil mengalahkan lawannya dari China, Wu Pang, dalam pertandingan final yang mendebarkan.

Medali Emas Pertama untuk Indonesia

AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi
Foto : AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

Veddriq Leonardo tampil impresif saat berlaga di jalur B pada babak final. Dengan tinggi panjat 15 meter, ia mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul tipis atas Wu Pang yang meraih waktu 4,77 detik. Kemenangan ini menjadikan Veddriq sebagai atlet pertama Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas di cabang olahraga panjat tebing pada ajang Olimpiade.

Sementara itu, medali perunggu diraih oleh atlet dari Amerika Serikat, yang juga mencatatkan waktu 4,77 detik. Dia berhasil mengalahkan wakil dari Iran, Reza Alipour, dalam perebutan posisi ketiga.

Prestasi Veddriq Leonardo ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia, mengingat ini adalah medali emas pertama dari cabang olahraga panjat tebing yang didapat Indonesia di ajang Olimpiade. Sebelumnya, medali emas Olimpiade untuk Indonesia lebih sering datang dari cabang olahraga bulutangkis, yang memang telah menjadi andalan sejak lama.

Topik Terkait