img_title
Foto : Website PPP

BogorKabar duka datang dari dunia politik Indonesia. Hamzah Haz, Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-9, telah meninggal dunia pada Rabu, 24 Juli 2024, di usia 84 tahun. Beliau wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Syaifullah Tamliha, politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengonfirmasi berita tersebut kepada awak media. "Wafatnya di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Tamliha, seperti dilansir dari VIVA.

Hamzah Haz, yang dikenal luas berkat kiprahnya di dunia politik, pernah menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, pada periode 2001 hingga 2004. Selain itu, Hamzah Haz juga memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam berbagai posisi penting pemerintahan.

Istimewa
Foto : Istimewa

Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Investasi di era Presiden BJ Habibie dan pernah duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI serta Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur.

Jenazah Hamzah Haz rencananya akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Kehilangan ini merupakan duka mendalam bagi keluarga besar, sahabat, serta masyarakat Indonesia yang mengenal dedikasi dan kontribusi beliau dalam dunia politik. "Pemakaman keluarga di Bogor," jelasnya.

Hamzah Haz dikenang sebagai tokoh yang telah memberikan banyak sumbangsih dalam perjalanan politik Indonesia, dan kiprahnya akan selalu dikenang sebagai bagian penting dari sejarah bangsa. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Topik Terkait