img_title
Foto : Instagram/dr.richard_lee

IntipSelebRichard Lee, seorang dokter yang juga aktif di media sosial, menyatakan kekecewaannya terhadap tim medis dan panitia yang bertanggung jawab atas kejadian tragis yang menimpa pebulutangkis asal China, Zhang Zhi Jie.

Pada Minggu, 30 Juni 2024, Zhang Zhi Jie tiba-tiba mengalami kejang dan terjatuh saat bertanding melawan Kazuma Kawamo dari Jepang di Kejuaraan Junior Asia yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Seperti apa ungkapan kekecewaan itu? Yuk intip di bawah ini.

Merasa Kecewa

Youtube.com/Intens Investigasi
Foto : Youtube.com/Intens Investigasi

Dalam video yang diunggah di Instagram pada Selasa, 2 Juli 2024, Richard Lee mengungkapkan bahwa ia telah melihat video lengkap saat Zhang Zhi Jie mengalami kejang selama beberapa menit di lapangan. Ia merasa kecewa karena tim medis baru tiba beberapa saat kemudian. Menurutnya, dalam acara besar seperti itu, tim medis seharusnya selalu siap sedia di sekitar lapangan.

"Aku sudah nonton video fullnya. Jujur aku kecewa banget dengan penanganan tim medis dan panitia di sana. Apalagi ini acara internasional, acara besar yang disorot oleh media internasional," kata Richard Lee.

Sebagai dokter, Richard Lee berpendapat bahwa Zhang Zhi Jie bisa diselamatkan jika tenaga medis segera memberikan resusitasi jantung paru (CPR). Ia menekankan pentingnya penanganan cepat dalam situasi darurat seperti ini. Bahkan jika alat medis terbatas, setidaknya atlet tersebut harus segera mendapatkan oksigen.

Topik Terkait