img_title
Foto : Instagram @ruangguru

JakartaClash of Champions Ruangguru 2024 yang tayang perdana pada 29 Juni 2024 terbilang sangat sukses. Program tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang, khususnya anak-anak muda.

Tak hanya konsepnya yang menarik dan penuh dengan tantangan yang mendebarkan, popularitas reality show ini juga membuat warganet penasaran dengan sosok anak muda-anak muda inspiratif dan berprestasi yang mengikuti acara Clash of Champions 2024 tersebut.

Lantas, apa saja sih hal-hal yang menjadi fakta menarik Clash of Champions Ruangguru 2024? Penasaran? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Fakta Menarik Clash of Champions Ruangguru

1. Mirip University War di Korea Selatan

Ketika pertama kali diumumkan, banyak warganet yang menyadari bahwa konsep acara Clash of Champions mirip dengan acara serupa di Korea Selatan bernama University War.

University War sendiri merupakan survival show dari Korea Selatan yang akan menguji berbagai kampus ternama di Korea untuk memecahkan berbagai macam soal dan studi kasus.

Meski agak mirip dengan University War, COC mendapatkan respons positif dari warganet. Hal tersebut terbukti dari banyaknya jumlah views acara tersebut di YouTube dan aplikasi Ruangguru.

2. Peserta beserta dari universitas ternama di Indonesia

Clash of Champions menghadirkan peserta dari 14 universitas yang akan berkompetisi dalam memecahkan soal yang akan diberikan. Terdapat 13 universitas negeri dan 1 universitas swasta kenamaan tanah air.

Di antaranya adalah UI, ITB, IPB, UGM, ITS, UB, Universitas Udayana, UIN Syarif Hidyataullah, Unand, Unhas, Unair, Unpad, Undip dan Binus.

3. IPK peserta Clash of Champions yang bikin menganga

Yang tak kalah menarik, tak sedikit dari peserta Clash of Champions Ruangguru yang mempunyai IPK yang tinggi. Bahkan, ada 4 finalis yang mempunyai IPK sempurna, yakni 4.00. Empat peserta tersebut adalah Hanif dari UGM, Naufal dari ITB, Natasha UIN Syarif Hidayatullah, dan Ganang dari UGM.

4. Hadirkan 40 mahasiswa

Terdapat 40 mahasiswa dari berbagai universitas kenamaan Indonesia yang beradu dalam Clash of Champions 2024. Mereka unjuk gigi dan menyalurkan kemampuannya dalam pertarungan yang sengit.

5. Terdapat peserta baru di Universitas top dunia

Fakta menarik Clash of Champions Ruangguru lainnya adalah dengan kehadiran 10 mahasiswa berprestasi dari universitas top dunia. Kehadiran 10 orang tersebut membuat kompetisi ini semakin ketat.

10 peserta Clash of Champions Ruangguru dari universitas luar negeri tersebut antara lain, Sandy dari NUS, Chris dari NTU, Xaviera dari KAIST, Kevin dari NUS, Nevin dari Yale University, Nabil dari Oxford University, Kenji dari UC San Diego, Axel dari NUS, Kith dari SUTD, dan Nando dari NTU.

Apa Itu Clash of Champions Ruangguru?

Clash of Champions Ruangguru sendiri merupakan sebuah game show pendidikan yang menghadirkan persaingan antar mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi kenamaan Indonesia.

Para peserta akan menghadapi tantangan yang telah dirancang untuk mengujji kemampuan akademik, strategi dan kerja sama sebagai tim. Terdapat 40 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta di Clash of Champions Indonesia yang dibagi menjadi 5 batch.

Nah, demikianlah sederet fakta menarik Clash of Champions Ruangguru yang tengah ramai diperbincangkan publik.

Topik Terkait