img_title
Foto : Istimewa

Jakarta– Sudah pernah coba kuliner khas Gorontalo? Kini kamu bisa langsung mencobanya dirumah! Warisan kuliner yang kaya asal Gorontalo telah diabadikan dalam buku resep digital terbaru, "Selebrasi Rasa: Gorontalo," yang ditulis oleh Putri Habibie yang bisa diunduh secara GRATIS. Buku resep digital gratis ini, secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam acara yang diadakan di restoran 'Corner28' di Wijaya, Jakarta Selatan.

Istimewa
Foto : Istimewa

Highlight dari acara ini adalah penandatanganan buku oleh Menteri Sandiaga Uno, yang melambangkan dukungannya sebagai sesama putra Gorontalo untuk pelestarian dan promosi tradisi kuliner Indonesia yang beragam. "Selebrasi Rasa: Gorontalo" menampilkan berbagai resep autentik, menawarkan pembaca cita rasa unik dan warisan budaya kuliner Gorontalo, Indonesia.

Salah satu resep yang ada di buku resep digital ini adalah ‘Binte Biluhuta’, salah satu sajian khas Gorontalo yang menjadi makanan favorit dari presiden ketiga Indonesia, Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie yang adalah kakak dari kakek Putri Habibie, Junus Effendi Habibie.

“Aku mencoba mereplikasi resep Binte Biluhuta dari nenekku Alwini Habibie yang sudah menjadi favorit keluarga Habibie selama berpuluh-puluh tahun.”, ujar Putri.

Restoran Corner28 juga turut merayakan warisan kuliner ini dengan menyajikan menu Gorontalo karya Putri Habibie dari Juni hingga akhir Juli 2024. Para tamu akan memiliki kesempatan eksklusif untuk menikmati kesegaran Binte Biluhuta, sup jagung khas Gorontalo
bertemu dengan lezatnya bumbu Iloni yang meresap ke daging ayam yang lembut, dan manisnya daging tuna segar yang disajikan dalam bentuk Sate Tuna khas Gorontalo.

Putri Habibie, penulis, mengungkapkan kegembiraannya tentang peluncuran ini, dengan menyatakan, "Saya sangat senang bisa berbagi resep keluarga saya dengan dunia. Buku ini adalah penghormatan untuk akar Gorontalo saya dan upaya untuk menjaga tradisi kuliner kami tetap hidup bagi generasi mendatang."

Topik Terkait