img_title
Foto : IStock

IntipSelebResep kue sus enak dengan manis yang pas tentunya menjadi menu idaman kamu bukan. Kerap menemui jajanan kue sus satu ini, menyajikan makanan lembut dengan cream di dalamnya yang lumer saat dikunyah dalam mulut. Membuat kue sus satu ini sangat laris di pasaran.

Sehingga banyak yang menjadikan resep kue sus untuk ide berbisnis. Mulai dari resep kue sus vanilla, resep kue sus cokelat, resp kue sus durian, dan juga resep kue sus lainnya. Tak heran bila peminat akan makanan satu ini begitu tinggi.

Menjadi jajanan dari kaki lima hingga di mall-mall dan juga restoran ternama, kamu pasti penasaran bagaimana cara membuat resep kue sus. Lantas seperti apa resep kue sus yang mengunggah selera ini? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber resep kue sus untuk kamu. Jika kamu mengira ini susah membuatnya, maka jauhkanlah pikiranmu. Karena kamu tidak akan pernah tahu jika tidak mencobanya. Yuk tunggu apa lagi langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah!

Kue Sus Isi Vanilla (Paling Diminati)

Bahan-bahan:
- 200 ml air.
- 100 gram margarin.
- 75 gram terigu segitiga.
- 50 gram terigu cakra.
- 1 sendok makan gula pasir.
- 3 butir telur ukuran sedang.
- Sejumput garam.

Bahan untuk vla di dalam kue sus:
- 50 gram tepung custard atau maizena.
- 450 ml susu cair.
- 90 gram gula pasir.
- 2 kuning telur.
- 2 sendok makan mentega.
- 1 sendok teh vanila.

Cara pembuatan serta penyajian:
1. Pertama siapkan wadah panci kemudian agar menjadi anti lengket, campur air, gula, garam, dan margarin masak hingga mendidih. Masukkan terigu aduk rata, masak kembali dengan api kecil kurang lebih 2 menit. Diamkan sampai hangat.
2. Masukkan adonan dalam bowl mixer, masukkan telur satu persatu sambil di mixer sampai habis adonan agak licin. Kemudian masukkan adonan dalam piping bag segitiga sudah di isi spuit, lalu spuit ke loyang.
3. Setelahnya panggang sus suhu 180c api atas bawah, kurang lebih 25 menit. Setelah kecoklatan dan tidak berbuih lagi angkat dan lepaskan dari cup tusuk bawahnya biar uap panas keluar. Biarkan dingin.
4. Buat adonan vla, campur semua bahan kecuali butter, aduk rata bila perlu saring. Masak hingga mengental dan meletup-letup terus diaduk, lalu masukan butter aduk terus hingga adonan vla licin. Kemudian tuang ke mangkok tutupi dengan plastik warp menyentuh permukaan vla tujuannya biar embun tidak menetes ke adonan vla. Setelah agak dingin mikser sebentar adonan vla.
5. Penyelesaian, ambil 1 buah sus, belah bagian samping isi dengan vla. Lakukan berulang hingga kue sus habis.
6. Kue sus isi vanilla siap disantap!

Kue Sus Isi Green Tea

Bahan-bahan:
- 100 gram margarin.
- 25 gram butter.
- 125 gram terigu protein tinggi.
- 25 gram terigu serbaguna.
- 200 ml air.
- 1/4 sendok teh garam.
- 4 kuning telur.
- 2 sendok teh green tea powder.

Bahan isian vla green tea:
- 500 ml susu cair.
- 100 gram gula pasir.
- 50 gram tepung custard.
- 1 sendok teh bubuk green tea (larutkan dengan sedikit air panas).
- 2 kuning telur, kocok lepas.
- 1/2 sendok teh vanili bubuk.
- 1/4 sendok teh garam.
- 1 sendok makan mentega.

Cara pembuatan serta penyajian;
1. Pertama kamu fokus untuk membuat kue sus. Dengan merebus air, margarin, mentega dan garam sampai mendidih, masukkan terigu yang sudah diayak bersama bubuk green tea, aduk-aduk sampai kalis dengan sendok kayu. Kemudian angkat, dinginkan, dan tambahkan kuning telur sambil di mixer sampai rata, matikan mixer, masukkan dalam piping bag.
2. Selanjutnya semprotkan ke atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin tipis.
3. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, oven selama 40 menit dengan suhu 190-200C. Keluarkan dari oven bila buih yang ada di kulit sus sudah tidak ada, dinginkan, siap digunakan.
3. Ke tahap pembuatan isian vla green tea, kamu dapat mencampur sebagian susu dengan tepung custard, aduk rata. Rebus sisa susu, tambahkan gula, garam, masukkan campuran tepung custard dan green tea, masak dengan api kecil sampai meletup-letup Masukkan kuning telur dan vanili, aduk dengan cepat sampai rata dan kalis, matikan api. Masukkan butter, aduk rata hingga licin, biarkan hangat, masukkan dalam piping bag, siap digunakan.
4. Penyelesaian, gunting sedikit kulit sus, semprotkan vla green tea ke dalamnya. Lakukan berulang kali hingga kue susnya habis.

Kue Sus Isian Cokelat

Bahan-bahan:
- 250 ml air.
- 100 gram margarin.
- 125 gram terigu.
- 1 sendok teh vanilli bubuk.
- 1/3 sendok teh garam.
- 1 sendok teh baking powder.
- 3 butir telur.
- Selai cokelat secukupnya.

Cara pembuatan serta penyajian:
1. Pertama masak air bersama margarin terlebih dahulu kemudian aduk-aduk sampai larut dan mendidih. Matikan api lalu masukkan vanilli, garam dan terigu. Aduk cepat sampai adonan mengental dan tidak lengket. Kemudian pindahkan ke wadah biarkan hingga benar-benar dingin. Setelah dingin masukkan telur satu-persatu sambil dikocok menggunakan whisker/mixer. Kocok sampai adonan lembut.
2. Masukkan adonan ke piping bag, yang sudah diberi spuit terlebih dahulu. Kemudian siapkan loyang yang sudah dialasi baking paper atau bisa dioles margarin. Cetak adonan di atas loyang dengan ukuran kecil-kecil.
3. Panggang di oven selama 15 menit menggunakan api besar, lalu kecilkan api dan panggang lagi selama 20 menit.
4. Untuk isian vla cokelat, kamu bisa siapkan cokelat batang dan lelehkan, lalu masukkan ke dalam piping bag.
5. Jika kue sus sudah matang, lubangi bagian bawah dengan tusuk gigi lalu semprotkan selai cokelat. Lakukan berulang kali hingga kue sus habis.
6. Kue sus pun siap disajikan.

Itulah resep kue sus yang nikmat manis pas dan dapat kamu ukur dengan mudah takarannya. Sehingga kamu bisa menikmati kue sus tersebut dengan hasil kreasi kamu. Kue sus ini selain jadi ide bisnis, cocok sekali untuk disajikan saat acara keluarga, pertemuan teman-teman, dan kegiatan santai lainnya.

Rasa gurih dan manis membuat orang-orang tak tahan untuk tidak mencemili penutup makanan satu ini. Terlebih cara pembuatannya yang mudah untuk diikuti cocok bagi pemula. Sehingga jangan takut untuk mencoba memasaknya, jika kamu terbiasa, nantinya akan mudah bagi mu tanpa melihat resep. Semoga resep ini dapat membantu kamu yang sedang ingin berkreasi ya. Selamat mencoba! (jra)

Topik Terkait