img_title
Foto : Gmaps/Mohammad Abyan

IntipSelebTempat wisata di Bekasi bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang anda butuhkan. Bekasi mungkin dikenal dengan daerah yang memiliki suhu lebih panas dari daerah lainnya.

Bahkan, banyak orang yang menyebut sebagai candaan bahwa Bekasi adalah 'planet lain' sebab cuaca di Bekasi cenderung tak menentu dan paling beda dibanding daerah lainnya. Kendati demikian, di Bekasi masih memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk anda kunjungi.

Jika anda sedang berlibur atau sedang berkesempatan mengunjungi daerah Bekasi, maka tak lengkap rasanya jika anda tak mengunjungi tempat wisata di Bekasi. Mungkin tak banyak tahu, sama seperti daerah lainnya, Bekasi memiliki tempat wisata yang khas sehingga membuatnya menjadi ciri khas dan pembeda dari setiap tempat wisata yang ada.

Penasaran ada destinasi wisata di Bekasi apa saja yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ini akan kami sajikan sederet tempat wisata di Bekasi yang bisa menjadi rekomendasi tempat anda berlibur di kala senggang.

1. Curug Parigi

gmaps/Fahmi Nugroho
Foto : gmaps/Fahmi Nugroho

Mungkin banyak di antara yang tahu jika Curug hanya dapat ditemui di daerah dataran tinggi seperti Bogor misalnya. Akan tetapi, ternyata Bekasi punya curug tersendiri lho. Yaps, Curug Parigi. Curug Parigi merupakan salah satu tempat wisata di Bekasi yang bisa anda kunjungi saat sedang liburan.

Curug Parigi berlokasi tak jauh dari TPU Bantargebang, dan berada di Jalan Raya Narogong. Pada tahun 2015 silam, tempat wisata yang satu ini cukup ramai diperbincangkan. Meski Curug Parigi tak terbentuk secara alami, namun air terjun mini yang ada di Curug ini cukup menarik untuk dinikmati jika memang anda hanya ingin sekadar melepas penat akibat aktivitas yang menumpuk.

Tahukah anda bahwa dulunya, Curug Parigi ini adalah bekas lokasi penambangan pasir, lho. Akan tetapi aktivitas penambangan ini telah dihentikan usai pembangunan perumahan yang tak jauh dari kawasan tersebut. Curug Parigi bisa menjadi salah satu tempat wisata di Bekasi yang wajib anda kunjungi.

2. Hutan Bambu Bekasi

gmaps/Eko Budi Utomo
Foto : gmaps/Eko Budi Utomo

Jika Bekasi memang dikenal dengan cuaca panasnya, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Bekasi yang satu ini, sebab lokasinya cukup sejuk. Tempat wisata ini dinamakan Hutan Bambu. Hutan Bambu berlokasi di daerah Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Tempat wisata yang satu ini dibangun pada 2018 dan menjadi lokasi wisata alam pertama di Kota Bekasi. Lokasinya berada di pinggi Kali Bekasi, selain itu, tempat ini pun dipenuhi oleh rimbunnya pohon bambu yang tinggi menjulang.

Jika anda hanya ingin berlibur sejenak bersama dengan keluarga sambil duduk-duduk santai, anda bisa mencoba datang ke lokasi wisata yang satu ini. Sebab, terdapat saung-saung di tengah rimbunnya pohon bambu. Selain bisa duduk santai, di sini juga terdapat perahu yang bisa anda naiki.

Perahu ini akan membawa anda berkeliling dengan rute menuju Rawa Panjang kembalian kembali lagi ke Hutan Bambu. Hutan Bambu bisa menjadi tempat wisata keluarga, sebab tak memerlukan ongkos yang mahal. Bahkan ada live musiknya juga. Jadi jika anda ingin menyumbangkan lagu alias bernyanyi, bisa sekali!

3. Klenteng Hok Lay Kiong

IntipSeleb/Ratih
Foto : IntipSeleb/Ratih

Tempat wisata di Bekasi berikutnya ada Klenteng Hok Lay Kiong. Meskipun tempat ini merupakan tempat ibadah masyarakat Tionghoa, tapi masyarakat umum boleh datang berkunjung ke tempat ini, asalkan berlaku sopan dan menghormati jemaat yang sedang beribadah.

Klenteng Hok Lay Kiong sendiri merupakan Klenteng tertua di Bekasi. Klenteng ini telah berdiri sejak ratusan tahun silam. Biasanya, tempat ibadah masyarakat Tionghoa ini akan ramai pada perayaan tertentu, salah satunya adalah Tahun Baru Imlek. Anda bisa datang, sebab akan ada upacara khas Tionghoa yang jarang sekali bisa anda temui.

Sekadar informasi, arti nama Hok Lay Kiong sendiri adalah istana yang mendatangkan rezeki. Hal ini diharapkan agar siapa pun yang berkunjung ke Klenteng ini dapat mendapatkan banyak rezeki nantinya.

4. Jembatan Cinta

gmaps/Antonio Thongex
Foto : gmaps/Antonio Thongex

Tempat wisata di Bekasi selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Jembatan Cinta. Sebenarnya, tempat ini merupakan pusat pengendalian dan penanaman hutan mangrove di Kota Bekasi. Jembatan ini pun juga sebenarnya memiliki nama Jembatan Pelatihan Restorasi Penanaman mangrove (PRPM), akan tetapi kini lebih dikenal dengan nama Jembatan Cinta.

Sebab telah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Di tempat ini, anda bisa juga menyewa perahu yang nantinya anda akan diajak berkeliling kawasan pantai di sekitar hutan mangrove. Untuk masuk ke area ini pun tak memerlukan biaya, hanya ada biaya untuk parkir saja.

Berada di dekat area pinggir tambak, membuat tempat ini banyak menjajakan kuliner yang berkaitan dengan hasil tangkapan laut. Seperti misalnya saja kripik udang, kepiting, aneka kerang hingga jenis makanan laut lainnya.

5. Go Wet Waterpark

gmaps/Daniel F Kalahari
Foto : gmaps/Daniel F Kalahari

Tempat wisata di Bekasi berikutnya cocok, nih, untuk yang suka berenang. Apalagi kalau bukan Go Wet Waterpark. Wahana air ini telah dibuka sejak tahun 2015 silam dan menjadi tempat rekreasi yang seru bersama dengan keluarga. Tak hanya berenang saja, di sini juga menawarkan wahana air yang bisa menambah keseruan anda.

Ada Go! Twist yang memungkinkan anda merasakan sensasi berada di sungai dan bermain arung jeram, namun tentunya wahana ini cukup aman untuk anda mainkan bersama dengan keluarga. Ada juga Go! Lazy yang meruapakan kolam arus yang tenang.

Anda bisa bersantai di atas ban sambil dan membiarkan tubuh anda berjalan pelan disapu oleh arus yang tenang. Dan masih banyak fasilitas lainnya yang pastinya seru untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Pokoknya, cocok banget untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun teman dan orang terkasih.

6. Gedung Juang 45

gmaps/Ahmad Munawir
Foto : gmaps/Ahmad Munawir

Destinasi wisata di Bekasi selanjutnya yang patut anda kunjungi adalah Gedung Juang 45. Bangunan ini dulunya memiliki nama Landhuis Tamboen atau Gedung Tinggi. Dulu, bangunan ini dibangun oleh bangsawan Tionghoa bernama Khouw Tjeng Kie kisaran tahun 1906 hingga 1925.

Di tempat ini, anda bisa berwisata sejarah. Sebab terdapat banyak sekali peninggalan pusaka seperti keris, plakat tembaga, hingga foto prasasti Tarumajegara. Di tempat ini juga anda bisa mengetahui bagaimana sejarah Kota Bekasi saat sebelum hingga pasca kemerdekaan.

Untuk masuk ke tempat ini pun anda tidak perlu merogoh kocek yang mahal. Belum lagi saat akhir pekan, di malam harinya, biasanya akan ada komunitas seni dan budaya yang menggelar pertunjukan seni tradisional maupun modern.

Lalu sekadar informasi saja, Gedung Juang 45 juga belum lama ini baru saja merampungkan renovasi. Jadi tampilan bangunan ini sudah pasti makin bagus dan cocok untuk anda yang sedang menjadi tempat berwisata sambil edukasi.

Demikian adalah sederet tempat wisata di Bekasi yang bisa anda kunjungi. Semoga rekomendasi desinasi wisata di Bekasi di atas dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi anda ke depannya.

Topik Terkait