img_title
Foto : Pinterest/doyanresep.com

IntipSelebResep donat kentang untuk menjadi makanan yang empuk dan lezat pasti membuat kamu tertantang untuk mencobanya bukan. Donat kentang sendiri merupakan camilan yang mengenyangkan dan dapat dikreasikan. Berbagai resep donat kentang dapat disesuaikan dengan referensi kamu.

Adapun berbagai referensi, mungkin kamu dapat mencoba resep donat kentang dengan ditambahkan coklat, nutela, ovaltine, matcha, keju, smokebeef, dan berbagai pilihan toping lainnya. Meskipun, tak sedikit juga yang mengingat dan terasa lebih autentik jika hanya membuat resep donat kentang dengan gula halus saja, yang bahkan tak kalah enaknya.

Empuk dan harum, membuat resep donat kentang banyak dicari oleh kalian yang mungkin sekarang ingin membuat camilan ataupun jadi ide berbisnis. Donat kentang dapat menjadi potensi bisnis bagus untuk menambah pendapatan kamu loh sehingga dengan mengikuti resep donat kentang yang ada dapat membantu mempermudah untuk mempraktikan ide.

Lantas kira-kira seperti apa resep donat kentang dan cara pembuatannya? Penasaran? Jangan khawatir, bestie! IntipSeleb akan merangkum berbagai ide resep donat kentang untuk kamu. Agar kamu dapat membuat resep donat kentang yang empuk dan anti gagal. Jadi tunggu apa lagi, yuk langsung aja ke bawah untuk resep donat kentang. Check it out !

Donat Super Simpel

Bahan-bahan:
- 70 g mentega.
- 500 g tepung biasa.
- 1 sdt baking powder.
- 70 g gula.
- 1 butir telur.
- 260 ml susu.
- Minyak sayur untuk menggoreng.

Cara memasak serta penyajian:
- Pertama, saring tepung dan baking powder ke dalam mangkuk serta olesi mentega. Campur gula. Kocok telur dan susu bersama.
- Kemudian buat campuran tepung, lalu tuangkan campuran telur. Campur bersama untuk membentuk adonan lunak.
- Selanjutnya, atakan adonan di atas permukaan yang ditaburi tepung hingga setebal 1 cm dan potong sesuai pilihan. - Pertama, saring tepung dan baking powder ke dalam mangkuk serta olesi mentega. Campur gula. Kocok telur dan susu bersama.
- Goreng dalam minyak panas (sekitar 180 derajat Celsius) selama 30 detik, balikkan dan masak lagi selama 30 detik hingga berwarna cokelat keemasan.
- Tiriskan di atas kertas dapur sampai dingin. Beri taburan gula halus dan bubuk kayu manis atau hiasi dengan lapisan gula sesuai keinginan. Donat pun siap disajikan!

Donat Tanpa Digoreng

Bahan-bahan:
- 200 gram kentang yang telah dikukus dan dihaluskan.
- 300 gram tepung terigu berprotein tinggi.
- 1 sdt ragi instan.
- 1 butir telur, kocok sebentar.
- 1 sendok makan margarin (dapat menggunakan margarin berlemak rendah).
- 25 ml air dingin atau dapat juga diganti dengan susu cair hangat (yang tidak berperisa).
- 1 sdt garam.

Cara memasak serta penyajian:
- Pertama, campur tepung terigu, kentang, ragi instan dan juga gula pasir hingga merata. Masukkan telur dan air es atau susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni hingga adonan menjadi kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni kembali hingga adonan menjadi kenyal dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Adonan akan mengembang. Kempiskan dan bentuk bulat-bulat dan diamkan selama sekitar 10 menit.
- Kemudian bentuk donat dan letakkan di loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu, diamkan kembali selama 30 menit. Sambil menunggu, kamu bisa panaskan oven dengan suhu 170 derajat selama 20 menit.
- Setelah matang kamu dapat taburkan toping apapun sesuai selera kamu!

Donat Empuk

Bahan-bahan:
- 500 gr terigu protein tinggi.
- 50 gr susu bubuk.
- 11 gr ragi instan.
- 200 gr kentang kukus, haluskan, biarkan dingin.
- 100 gr gula pasir.
- 1 sdt garam.
- 4 butir kuning telur.
- 100 ml air dingin.
- 75 gr butter.

Cara memasak serta penyajian:
- Pertama, campur terigu, gula, ragi instan, susu bubuk, kentang halus, kuning telur. Aduk rata. Lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Adonan jangan terlalu lembek, jika dirasa cukup dan tidak ada tepung yang beremah, stop airnya. Uleni hingga setengah kalis, masukkan butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis.
- Kemudian bulatkan adonan, istirahatkan sampai mengembang dua kali lipat selama 30 menit. Lalu Kempiskan adonan, bagi menjadi bulatan bulatan sesuai ukuran yang diinginkan. Istirahatkan lagi selama 10 menit kemudian jika sudah maka lubangi adonan istirahatkan sampai mengembang ringan.
- Goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Balik donatnya sekali saja. Kemudian angkat tiriskan, siap disajikan!

Donat Kentang Modern Bomboloni

Bahan-bahan:
- 500 gr terigu protein tinggi.
- 250 gr kentang kukus haluskan.
- 3 butir kuning telur.
- 6 sdm gula pasir butiran halus.
- 4 sdm susu bubuk.
- 1 sdm ragi instan.
- 125 ml air (sesuaikan dengan adonan).
- 100 gr margarin.
- Minyak goreng secukupnya.

Isian bomboloni:
- cokelat.

Cara memasak serta penyajian:
- Pertama, campur kentang, terigu, telur, gula pasir, susu, dan ragi instan.. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga semua bahan tercampur. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga kalis.
- Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan besar, tutup dengan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi sesuai ukuran yang diinginkan, buat bulatan-bulatan dan taruh di kertas. Biarkan mengembang sekali lagi. Goreng donat dengan sekali balik hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan, lalu sajikan.

Donat Kentang Enggak Mudah Keriput

Bahan-bahan:
- 100 gram kentang kukus yang sudah dihaluskan.
- 150 gram tepung terigu protein tinggi.
- 100 gram tepung terigu serba guna.
- 40 gram gula pasir.
- 1 sdm susu bubuk.
- 1 butir telur ayam.
- 40 gram mentega.
- 1 sdt garam.
- 55 ml air.

Cara memasak serta penyajian:
- Pertama, siapkan mangkuk. Masukkan ragi dan gula. Lalu, tuang air hangat. Aduk cepat. Diamkan selama sekitar 10 menit sampai muncul gelembung-gelembung.
- Kedua, siapkan wadah. Masukkan bahan tepung, susu bubuk, kentang, gula, dan telur. Tambahkan bahan biang. Aduk rata. Uleni sampai setengah kalis. Lalu tambahkan mentega dan garam. Uleni adonan sampai kalis elastis. Tidak lengket di tangan dan mudah dibentuk. Bulatkan adonan. Masukkan di wadah yang ditutup plastik atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang dua kali lipat dari sebelumnya selama sekitar 40 menit di suhu ruang.
- Kempeskan adonan. Pipihkan adonan lalu bagi jadi beberapa bagian sesuai selera. Bulatkan adonan. Taruh adonan yang sudah dibulatkan di atas kertas baking yang sudah ditaburi terigu.
- Berikutnya pindahkan adonan ke wadah yang ditutup dengan kain lembap. Diamkan selama sekitar 20 menit. Sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama supaya hasilnya tidak keriput saat donat sudah digoreng. Sebisa mungkin diamkan tidak lebih dari 20 menit. Lalu, lubangi bagian tengah adonan.
- Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng donat sesuai urutan donat yang sudah dilubangi. Sebaiknya digoreng dengan proses satu kali balik agar tidak menyerap minyak terlalu banyak. Angkat dan tiriskan. Donat bisa diberi toping apapun sesuai selera kamu.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, teman-teman!

Topik Terkait