img_title
Foto : Pinterest

Intipseleb Gaya HidupManfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh hingga dijadikan sebagai obat amebien paling ampuh, dan dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya.

Buah sirsak, buah yang satu ini diyakini berasal dari belahan negara Amerika Selatan. Buah yang memiliki ciri-ciri kulit buahnya berduri, berwarna hijau tua, daging agak berserat dan berwarna putih serta mempunyai biji berwarna hitam yang terdapat dalam buahnya.

Sirsak juga diyakini mampu menyembuhkan aneka macam penyakit, seperti kanker, memelihara kekebalan tubuh, dan masih banyak yang lainnya. Buah sirsak menyimpan berbagai nutrisi penting baik untuk kesehatan. Sirsak diperkaya dengan vitamin,mineral,dan serat pangan. Mengonsumsi 100 gr daging sirsak dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebesar 13 persen.

Seperti yang dilihat dari penelitian berfungsi menyerap kolesterol dan mempermudahnya keluar dari dalam tubuh, serat juga dapat mempermudah sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam sirsak juga tak bisa dianggap remeh. Dalam 100 gr daging sirsak mengandung sekitar 20 mg Vitamin C.

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu 60 mg vitamin C setiap harinya, Anda hanya memakan 300 gr buah ini setiap hari. Vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, menghindari diri dari radikal bebas, menghindari penuaan dini, dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda, buah sirsak yang sering dikonsumsi dalam bentuk jus ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan? Buah yang bernama lain Annona muricata ini sudah populer dan tumbuh subur di Indonesia. Sebagian masyarakat sering menyebutnya dengan nangka buris, nangka sebrang, nangka walanda, srikaya jawa, dan nangka landa.

Buah yang berwarna hijau dengan banyak duri di permukaannya, hampir mirip dengan buah durian. Daging sirsak yang lunak dan berwarna putih jika sudah matang dan ada beberapa biji hitam. Rasanya pun sangat enak yang terdiri dari asam dan manis.

Tak perlu diragukan, minuman dari sirsak tentu sangat nikmat jika disajikan dingin atau ditambahkan es. Buah sirsak ternyata bukan cuma menjadi minuman penyegar saja, tetapi di balik itu sirsak memiliki aneka manfaat untuk kesehatan tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya.

Kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh dari sirsak adalah serat, mineral, vitamin, dan kalsium. Tidak mengherankan jika sirsak menjadi buah paling banyak digemari masyarakat karena rasa dan nutrisinya.

Dalam daging buah sirsak memiliki serat pangan yang disebut substansi non-gizi, dengan jumlah serat 3,3 gr dalam setiap 100 gr daging sirsak. Sedangkan kandungan mineral pada sirsak yang terdiri dari kalsium dan fosfor sebanyak masing-masing 14 dan 27 miligram dalam seratus gram sirsak.

Dengan beragamnya kandungan gizi atau nutrisi dalam buah sirsak membuat tubuh menjadi sehat. Zat gizi yang terkandung dalam sirsak sangat baik untuk diserap oleh sistem pencernaan tubuh khususnya pada usus, sehingga dapat didistribusikan ke semua jaringan tubuh manusia melewati aliran darah.

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak riset dan kajian yang membahas tentang khasiat dan manfaat dari buah sirsak. Dari hasil riset itu ternyata membuat banyak orang merasa takjub bahwa sirsak banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Disamping manfaat yang banyak dari sirsak untuk dunia kesehatan. Banyak para pakar kesehatan, khususnya dalam bidang obat tradisional, buah sirsak dijadikan salah satu bahan untuk produk herbal karena khasiat yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap terjaga.

Berikut ini adalah kandungan yang bermanfaat dari buah sirsak, yaitu muricapentocin, acetogenins, linoleic acid, annocatacin, gentisic acid, annocatalin, gigantetronin, annonacin, caclourine, annomuricin, anomurine, annohexocin, dan anonol.

Langsung saja kita simak apa saja manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan benarkah bisa mengatasi ambeien? Berikut kita bahas artikelnya.

Mengatasi Kolesterol Jahat

Pinterest/Freepik
Foto : Pinterest/Freepik

Buah sirsak bukan cuma memiliki kandungan vitamin C tapi juga mengandung banyak serat yang pastinya sangat berguna untuk tubuh. Serat yang terkandung pada buah sirsak sangat ampuh dalam proses penyerapan kolestrol jahat dalam tubuh.

Positifnya, tubuh akan terhindar dari kolestrol jahat dan tersisa cuma ada kolestrol baik saja dalam tubuh. Oleh karena itu untuk menghindari tubuh dari kolestrol jahat, minumlah jus sirsak secara rutin dan teratur sebanyak 1 gelas. Maka tubuh akan sehat dan tidak terserang berbagai jenis penyakit yang diakibatkan karena kolestrol jahat.

Menjaga Kesehatan Tulang

www.freepik.com/tirachard
Foto : www.freepik.com/tirachard

Buah sirsak secara fakta banyak mengandung zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin C dan B, sirsak memiliki fosfor dan kalsium yang sudah tentu bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor yang ada pada setiap 100 mg sirsak mengandung sebanyak masing-masing 14 mg dan 27 mg.

Disamping mengandung kalsium dan fosfor yang bagus untuk tulang. Sirsak mengandung zat yang dapat mendukung proses penyerapan zat kalsium pada tulang sehingga lebih cepat dan zat itu bernama zat tembaga. Jadi, zat tembaga dan kalsium merupakan zat yang baik dalam bekerja sama dalam proses penguatan tulang.

Efek positif dari mengkonsumsi sirsak adalah seseorang akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Apalagi ditambah dengan kegiatan rutin berolahraga dapat juga membantu tulang menjadi kuat. Kombinasi yang baik jika mengkonsumsi sirsak dengan olahraga agar tubuh menjadi sehat.

Mencegah Kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Sirsak tidak cuma mengandung nutrisi yang banyak akan vitamin. Selain vitamin, sirsak juga memiliki senyawa yang bernama fitokimia atau dengan istilah lain dinamakan Annonaceous acetogenins. Manfaat dari senyawa fitokimia ini tidak bisa dianggap remeh, karena mampu menghalangi bermacam-macam virus penyakit berbahaya contohnya kanker.

Di mata banyak orang, kanker adalah penyakit ganas yang hanya bisa disembuhkan melalui metode canggih. Tetapi sirsak dapat mencegah beberapa penyakit kanker hanya dengan mengkonsumsi sirsak saja. Adapun kanker yang bisa dicegah adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat dan lainnya.

Agar terhindar dari penyakit kanker, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Cara konsumsi sirsak boleh dengan memakan daging sirsaknya langsung ataupun dalam bentuk olahan seperti obat herbal yang terbuat dari sirsak.

Mengatasi Ambeien

Pinterest
Foto : Pinterest

Wasir atau ambeien memang tidak tergolong dalam penyakit kronis mematikan, namun tetap harus Anda waspadai, karena jika ambeien terus dibiarkan tanpa penanganan apapun, dapat menjadi parah dan berakibat fatal sehingga terjadi gangguan pada saraf.

Buah sirsak dipercaya dapat mengatasi gejala ambeien dan dapat mencegah rasa sakit saat ambeien terjadi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah sirsak, baik yang sudah matang di pohon atau yang justru masih mentah dengan cara di rebus dan diminum airnya.

Rasanya akan terasa sedikit sepat dan kecut, lantaran buah sirsak muda memiliki rasa yang tidak terlalu pahit.

Menjaga Kesehatan Kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Sirsak memiliki manfaat dan khasiat dalam mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit. Antioksidan dalam sirsak mampu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari infeksi bakteri.

Sehingga buah sirsak dipercaya dapat membantu membuat kulit tampak lebih kencang, lembab dan juga dapat menyamarkan kerutan di wajah.

Mengatasi Sistem Pencernaan

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Manfaat buah sirsak juga bisa dirasakan oleh sistem pencernaan kita. Ini dikarenakan kandungan serat sirsak baik dan juga dalam jumlah tinggi persajiannya. Melansir Prevention, satu cangkir buah sirsak sama dengan 7,4 gram serat. Kandungan serat pada sirsak dapat membantu mengatasi sembelit dan mengurangi peradangan pada usus maupun lambung.

Topik Terkait