img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSelebManfaat buah tin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mungkin di Indonesia masih belum banyak yang tahu tentang buah tin. Sebab, buah tin berasal dari kawasan Timur Tengah dan di Indonesia sendiri masih jarang dijumpai.

Biasanya orang-orang yang baru selesai melaksanakan ibadah haji atau umrah akan membawa buah ini untuk dijadikan oleh-oleh. Meskipun demikian, buah tin juga telah diperdagangkan di Indonesia dan menjadi buah favorit bagi sebagian orang.

Keunikan dari tanaman buah tin adalah bisa hidup di berbagai cuaca, meskipun cuaca yang panas sekalipun di padang pasir yang jarang diguyur hujan, pohon buah tin tetap bisa hidup. Bahkan pohon buah tin tetap bisa hidup hingga suhu -9 derajat celcius. Oleh sebab itu, banyak yang menyebut bahwa pohon buah tin merupakan pohon kehidupan.

Buah tin memiliki ciri-ciri berbentuk seperti tetesan air mata. Ukurannya sebesar ibu jari dan di dalamnya berisi biji-biji kecil. Kulit buah tin berwarna ungu kehitaman atau hijau, namun bisa langsung dimakan. Rasa buah tin pun cenderung manis.

Selain rasanya enak, ternyata buah tin kaya akan manfaat bagi tubuh. Lantas apa saja manfaat buah tin bagi kesehatan tubuh? Simak 14 manfaat buah tin berikut ini.

1. Mencegah penyakit kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Buah tin mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk menangkal zat-zat radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh. Kanker bisa tumbuh disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Bahkan, buah tin disebut-sebut memiliki efek antikanker yang bisa efektif terhadap kanker payudara.

2. Menjaga kesehatan kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Memiliki kulit yang sehat dan cerah tentu idaman bagi semua orang. Menjaga kulit agar tetap sehat tentu juga perlu dilakukan dari dalam tubuh, yakni dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang sehat. Sebelumnya telah disebutkan bahwa buah tin mengandung antioksidan yang tinggi. Selain bisa mencegah kanker, antioksidan dalam buah tin juga dapat mengurangi kerusakan kolagen hingga memperbaiki kerutan pada kulit.

3. Kesuburan

www.freepik.com/pikisuperstar
Foto : www.freepik.com/pikisuperstar

Manfaat buah tin selanjutnya yang jarang orang ketahui adalah dapat menjaga kesuburan. Antioksidan yang tinggi dalam buah tin dapat bereaksi meningkatkan kesuburan sperma dan menjaganya agar tidak mengalami kerusakan. Selain itu juga bagus untuk menjaga kesuburan dan kesehatan organ reproduksi pada wanita.

4. Melancarkan pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Selanjutnya, khasiat buah tin juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan buah tin yang mengandung banyak serat yang bagus untuk usus. Serat tersebut akan membantu menghaluskan makanan di dalam usus hingga menjadi feses, sehingga pencernaan menjadi lancar dan tubuh terhindar dari penyakit sembelit. Selain itu, jika mengalami sakit perut dan kembung, buah tin juga memiliki efek untuk mengatasi hal tersebut.

5. Membantu menjaga kestabilan berat badan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Buah tin yang kaya akan serat tentunya baik untuk menjaga kestabilan berat badan. Jika seseorang memakan makanan yang mengandung banyak serat, maka akan menimbulkan rasa kenyang yang cukup lama. Jika tubuh merasa kenyang, maka otomatis seseorang tidak akan makan. Hal ini bagus untuk mengontrol nafsu makan seseorang agar tidak berlebihan. Sehingga tubuh akan mengalami penurunan.

6. Memperkuat tulang

www.freepik.com/tirachard
Foto : www.freepik.com/tirachard

Dapat menjaga kesehatan tulang merupakan manfaat buah tin selanjutnya. Hal ini disebabkan buah tin mengandung kalsium yang baik untuk tubuh. Tulang sangat membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan tidak mengalami pengeroposan. Dengan demikian, mengonsumsi buah tin secara rutin dan dalam porsi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

7. Bagus untuk kesehatan wanita

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Buah tin disebut-sebut bagus untuk kesehatan wanita. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dan serat yang terkandung dalam buah tin, disebut-sebut mampu mengurangi wanita menopause yang rentan terkena kanker payudara.

Selain itu, mengonsumsi buah tin secara rutin dan dalam porsi yang cukup juga dipercaya dapat menyeimbangkan hormon.

8. Mengendalikan kadar gula darah

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat mengendalikan kadar gula darah. Hal ini karena buah tin disebut mengandung indeks glikemik yang tinggi sehingga berefek baik untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

9. Menghindari penyakit diabetes

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Buah tin juga disebut dapat mencegah dan mengatasi masalah diabetes gestasional. Namun, itu hanya berlaku untuk buah tin yang masih segar saja. Jika buah tin yang sudah dikeringkan, justru mengandung gula yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Jadi batasi mengonsumsi buah tin kering secara berlebihan untuk menghindari diabetes.

10. Mengobati anemia

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Anemia merupakan kondisi ketika seseorang kekurangan sel-sel darah merah (hemoglobin). Namun, ternyata buah tin mampu meredakan anemia. Hal ini disebabkan buah tin yang mengandung zat besi yang tinggi, yang merupakan kunci agar seseorang tidak terkena anemia.

Terutama utuk buah tin kering. Buah tin kering sangat efektif untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Oleh sebab itu, anak-anak yang masih mengalami masa tumbuh-kembang disarankan untuk mengonsumsi buah ini agar kebutuhan zat besi dalam tubuh tetap terpenuhi.

11. Mencegah insomnia

www.freepik.com/karlyukav
Foto : www.freepik.com/karlyukav

Bagi sebagian orang, insomnia merupakan kondisi yang paling melelahkan. Sebab, jika terkena insomnia maka orang tersebut akan mengalami sulit tidur hingga porsi jam tidur yang kurang. Manfaat dari buah tin selanjutnya bisa mengatasi masalah tersebut. Sebab, buah tin mengandung asam amino triptofan yang memancing tubuh membuat melatonin yang berfungsi untuk seseorang merasa mengantuk.

Selain itu, buah tin juga mengandung asam lemak omega-3 yang mampu membuat tidur jadi jauh lebih nyenyak. Triptofan juga membantu mensistensis vitamin B3 agar mencegah seseorang mengalami insomnia. Sebab, kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan seseorang merasa gelisah sehingga akan sulit tidur.

12. Meningkatkan stamina seksual

www.freepik.com/lookstudio
Foto : www.freepik.com/lookstudio

Buah tin juga sering dianggap sebagai simbol kesuburan bagi beberapa budaya tertentu. Hal ini disebabkan buah tin yang dianggap mampu meningkatkan stamina seksual. Buah tin menghasilkan asam amino yang bertanggung jawab untuk meningkatkan produksi oksida nitrat kemudian diperluas ke pembuluh darah di seluruh tubuh termasuk di organ seksual.

13. Mencegah penyakit degenerasi makula

www.freepik.com/tirachardz
Foto : www.freepik.com/tirachardz

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat mencegah mengalami penyakit degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit yang umumnya menyerang manusia di usia tua. Buah tin mengandung banyak vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kesehatan mata. Senyawa tersebut lah yang berfungsi untuk melindung mata dari bahaya radikal bebas hingga mencegah kerusakan pada retina.

14. Mengatasi penyakit eksim

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Penyakit eksim merupakan alergi pada kulit yang ditandai dengan munculnya warna kemerahan dan juga gatal. Buah tin mengandung vitamin, antioksidan, dan juga mineral yang sangat bagus untuk kulit. Buah tin dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti eksim dan lain-lain.

Demikian adalah manfaat buah tin bagi kesehatan. Semoga manfaat buah tin di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca. Kendati memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun mengonsumsi dengan porsi yang cukup sangat dianjurkan. (bbi)

Topik Terkait