img_title
Foto : Pinterest-creativemarket

IntipSelebGaya hidup sehat penting untuk dilakukan agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan pikiran dapat bekerja secara optimal. Mulai dari pola makan hingga aktivitas fisik, segala aktivitas sehari-hari akan bergantung pada gaya hidup sehat.

Yuk ketahui tentang langkah untuk melakukan gaya hidup sehat melalui penjelasan dari dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter!

Langkah-langkah gaya hidup sehat

pinterest-runnersworldes
Foto : pinterest-runnersworldes

Gaya hidup sehat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk gaya hidup sehat, yakni:

  1. Makan makanan yang bergizi dan seimbang
  2. Minum air putih minimal 2 liter sehari
  3. Menjaga berat badan tetap ideal
  4. Menghindari dan mengelola stress
  5. Tidur yang cukup (6-8 jam perhari)
  6. Olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu
  7. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  8. Olahraga untuk gaya hidup sehat

Olahraga dibutuhkan untuk semua usia dan kondisi, yang tentunya dilakukan sesuai dengan kondisi seseorang. Misalnya pada seseorang yang tidak memiliki kondisi jantung, maka diperbolehkan untuk melakukan olahraga kardio.

Sedangkan jika memiliki kondisi jantung tertentu, maka disarankan untuk mencari olahraga lain yang lebih ringan. Dengan berolahraga, dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30-60 menit karena jika terlalu lama, dikhawatirkan tubuh akan lelah dan menimbulkan penyakit.

Pentingnya makanan dengan gizi seimbang

pinterest-holacom
Foto : pinterest-holacom

Untuk mengatur makanan dengan gizi seimbang dapat dilakukan dengan istilah ‘Isi Piringku’, yakni porsi makan yang tersedia dari sayur, buah, lauk pauk, dan makanan pokok. Makanan dapat berisi karbohidrat kompleks seperti jagung, kentang, dan umbi-umbian. Jangan lupakan protein nabati dan hewani pada makanan yang baik untuk tubuh. Selain itu, hindari makanan olahan atau siap saji secara berlebihan serta tidak mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan matang.

Pentingnya check up kesehatan

pinterest-creativemarket
Foto : pinterest-creativemarket

Check up kesehatan penting untuk dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi tubuh. Lakukan pemeriksaan berat dan tinggi badan pada anak minimal satu bulan sekali, serta rutin mengecek tensi dan kadar kimia darah minimal satu bulan sekali.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait