img_title
Foto : Instagram/ @vidialdiano

IntipSeleb – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 akan berlangsung lebih spesial pada 17 Agustus 2024. Bukan hanya di Jakarta, Upacara Detik-detik Proklamasi juga akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ini menjadi kali pertama upacara resmi kenegaraan diadakan di Istana Negara IKN, menambah keseruan dan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dikabarkan, Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara di IKN, sementara upacara di Istana Merdeka, Jakarta, juga akan dipimpin dengan khidmat. Persiapan untuk dua upacara besar ini sudah berjalan lancar, dengan jadwal yang telah disusun rapi dan serangkaian pertunjukan seni yang akan memeriahkan kedua lokasi.

Acara Kesenian di Jakarta dan IKN

Instagram/ @mawar_eva
Foto : Instagram/ @mawar_eva

Perayaan di kedua lokasi ini tidak hanya sebatas upacara bendera, tapi juga dipenuhi berbagai penampilan seni dari para musisi dan seniman Indonesia. Pertunjukan kesenian di Istana Merdeka Jakarta akan dimulai pukul 08.15 WIB, sementara di Istana Negara IKN akan dimulai pukul 09.15 WITA.

Untuk memulai rangkaian acara, Gita Bahana Nusantara akan membawakan beberapa lagu seperti "Candra Buana" yang diaransemen oleh Aminoto Kosin, dan "Nusantaraku" ciptaan Purwacaraka. Selain itu, aransemen lagu "Melompat Lebih Tinggi" dan "Elok Indonesiaku" juga akan mengiringi jalannya acara. Alvin Witarsa turut mengaransemen lagu daerah "Kalimantan", menambah suasana khas Nusantara dalam perayaan ini.

Nama-nama besar seperti Vidi Aldiano juga akan tampil membawakan lagu legendaris "Zamrud Khatulistiwa" ciptaan Guruh Sukarno Putra. Tidak ketinggalan, Shanna Shanno, Albert Fakdawer, dan Solis GBN akan menampilkan lagu "Lenggang Jakarta" serta "Kharisma Indonesia".

Topik Terkait