img_title
Foto : Instagram/ @dppipusat_official

IntipSeleb – Pada peringatan detik-detik Proklamasi di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlangsung hari ini, sosok Livenia Evelyn Kurniawan menjadi sorotan. Pelajar asal Kalimantan Timur ini resmi terpilih sebagai pembawa baki bendera Sang Saka Merah Putih, momen yang sangat dinanti pada perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Sosok Pembawa Baki

Instagram/ @dppipusat_official
Foto : Instagram/ @dppipusat_official

Pengumuman resmi dilakukan oleh Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Marbawi, pada Sabtu pagi, 17 Agustus 2024.

"Pengumuman Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA," ucap Marbawi.

Livenia yang merupakan siswi SMAK Santo Fransiskus Assisi di Samarinda, Kalimantan Timur, berhasil menyingkirkan peserta lain dari berbagai daerah untuk menjalankan tugas mulia ini.

Tahun 2024, sebanyak 76 pelajar dari 38 provinsi di Indonesia terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. Mereka datang dari berbagai penjuru Nusantara untuk mengemban tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih di IKN, yang pertama kalinya dalam sejarah. Dari jumlah tersebut, Livenia berhasil terpilih sebagai pembawa baki, peran penting dalam prosesi pengibaran bendera.

Selain Livenia, BPIP juga menyiapkan petugas cadangan untuk peran pembawa baki, yaitu Lutfiyah Naurasyifa Utoyo, pelajar asal Sulawesi Tenggara yang merupakan siswi SMAN 1 Kendari. Penunjukan ini menegaskan pentingnya kesiapan dari seluruh anggota Paskibraka dalam menjalankan tugas kenegaraan yang begitu sakral.

Daftar Pelajar Terpilih dari Berbagai Provinsi

Topik Terkait