img_title
Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden

IntipSeleb – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia akan digelar dengan meriah dan penuh makna di dua tempat berbeda pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi yang digelar di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sementara upacara serupa juga berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Rangkaian upacara peringatan ini akan dimulai sejak Sabtu dini hari, tepatnya pada pukul 00.00 WITA. Presiden Jokowi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju, akan memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN.

"Presiden bersama Panglima TNI, Pak Kapolri, dan menteri terkait akan melakukan kegiatan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa," jelas Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden.

Puncak Peringatan HUT RI

Biro Pers Sekretariat Presiden
Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden

Setelah itu, puncak dari peringatan HUT RI akan digelar pada pukul 10.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta, dan pukul 11.00 WITA di Istana Negara IKN, dimana Presiden Jokowi akan memimpin upacara sebagai Inspektur Upacara.

Acara ini tidak hanya berfokus pada seremoni kenegaraan, tetapi juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni. Di Istana Merdeka, pertunjukan kesenian akan dimulai pada pukul 08.15 WIB, sedangkan di Istana Negara IKN pada pukul 09.15 WITA. Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi juga akan menjadi bagian dari rangkaian acara pada pukul 10.15 WITA di Istana Negara IKN.

Topik Terkait