img_title
Foto : Istimewa

Jakarta – Profil Dzawata Maghfura Zuhri sontak menjadi sorotan publik setelah diketahui terpaksa melepas hijab saat mengikuti Upacara Pengukuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Penampilan anggota Paskibraka 2024 asal Aceh ini sontak membuat publik terkejut.

Dengan menggunakan atribut Paskibraka Nasional, Dzawata Maghfura menampilkan rambutnya. Perubahan penampilannya langsung mendapat reaksi dari Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah.

Polemik larangan berhijab dari BPIP tersebut pun menuai gelombang protes yang besar dari berbagai pihak. Hingga akhirnya, saat gladi resik dikabarkan bahwa Dzawata Maghfura telah mengenakan jilbabnya kembali.

Tak hanya gadis asal aceh itu saja, ada belasan nama anggota Paskibraka putri lainnya yang terpaksa melepas hijabnya karena aturan problematik tersebut. Lantas, siapa sebenarnya sosok anggota Paskibraka asal negeri Rencong tersebut? Yuk simak biodata dan profil Dzawata Maghfura berikut ini!

Profil Dzawata Maghfura

Istimewa
Foto : Istimewa

Jika berbicara soal profil Dzawata Maghfura Zuhri, tak lengkap bila tak membahas latar belakangnya. Dzawata Maghfura Zuhri merupakan siswi kelas X dari SMA Negeri Modal Bangsa yang memilih ekstra kurikuler Paskibra.

Dzawata Maghfura Zuhri kemudian dipilih sekolah sebagai perwakilan mengikuti seleksi Paskibraka mulai di tingkat awal. Rupanya, ia lolos dalam seleksi paskibraka Aceh Besar selanjutnya lolos pula di tingkat Provinsi hingga terakhir tembus seleksi tingkat Nasional.

Anak dari pasangan Sadrina, SPd dan Zukri, SE ini, dikenal sebagai anak dari orang tua yang berprofesi sebagai Kepala Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Simpang Tiga, Pidie.

Saat seleksi di tingkat Kabupaten, ia mengikuti berbagai macam tes seperti wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan kesehatan. Kemudian berlanjut ke tahap tes lebih tinggi yakni parade, PBB, Smapta, dan wawancara.

Semua yang Dzawata Maghfura Zuhri lalui dengan baik hingga masuk ke tingkat Provinsi di bulan Mei 2024 mengerucut pada 4 nama, yang kemudian mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional di Jakarta.

Dalam pengumuman BPIP tanggal 21 Juni 2024 akhirnya namanya keluar sebagai perwakilan Paskibraka dari Daerah Istimewa Aceh.

Namun proses yang dilaluinya dengan penuh perjuangan ini harus ternoda dengan adanya dugaan larangan atau aturan BPIP bahwa saat pengukuhan harus memperlihatkan rambut untuk para anggota Paskibraka putri.

Pro kontra pun langsung memanas di sela-sela latihan 76 anggota Paskibraka Nasional, hingga akhirnya terlihat Dzawata mengenakan hijab kembali saat menjalankan sesi latihan.

Biodata Dzawata Maghfura

sman-modalbangsa.sch.id
Foto : sman-modalbangsa.sch.id

Nama lengkap: Dzawata Maghfura Zuhri

Nama panggilan: Dzawata

Asal sekolah: SMA Negeri Modal Bangsa, Kabupaten Aceh Besar (kelas X)

Orang tua: Sadrina, SPd dan Zukri, SE

Nah, demikianlah informasi terkait biodata dan profil Dzawata Maghfura Zuhri yang sempat disorot lantaran terpaksa melepas hijab karena aturan BPIP yang menuai kontroversi.

Topik Terkait