img_title
Foto : Instagram/mulanjameela1

Jakarta – Polemik larangan penggunaan hijab Paskibraka oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menuai banyak kritik dari publik, selebritis dan tokoh masyarakat, salah satunya adalah Mulan Jameela.

Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra ini menyinggung soal hak warga negara Indonesia untuk menjalankan agama. Yuk scroll lebih lanjut untuk membaca selengkapnya!

Hijab Tak Mengganggu Proses Pengibaran Bendera

Jelang perayaan dan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang digelar di IKN, muncul polemik terkait larangan hijab untuk anggota Paskibraka putri oleh BPIP. Ketua BPIP, Yudian Wahyudi menjelaskan soal aturan standar hingga atribut Paskibraka dalam SK Kepala BPIP No.35 Tahun 2024.

Meski menurut ketua BPIP aturan tersebut telah disetujui oleh seluruh anggota Paskibraka dan dilakukan secara suka rela, publik menyebutkan soal adanya relasi kuasa yang membuat anggota Paskibraka terpaksa menyetujuinya.

Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI pun dengan tegas mengkritik aturan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk beragama. Ia juga merasa hijab tak mengganggu proses pengibaran bendera nanti.

Topik Terkait