img_title
Foto : YouTube/xaviera putri

IntipSeleb – Menempuh pendidikan SMA hingga perkuliahan di Korea Selatan tentunya membuat Xaviera Putri juga harus memahami bahasa Korea. Meskipun bahasa yang digunakan dalam pembelajaran adalah bahasa Inggris, namun bahasa Korea tetap diperlukan untuk dapat memudahkan komunikasi dengan orang-orang disana.

Dari yang tadinya gak bisa bahasa Korea, kini Xaviera sudah lancar berbahasa Korea loh. Xaviera menerapkan 5 jurus fasih berbahasa Korea yang pernah ia terapkan. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Perkuat Fondasi Bahasa Korea

www.freepik.com/brgfx
Foto : www.freepik.com/brgfx

Cara yang pertama ialah dengan memperkuat fondasi bahasa Korea kamu, salah satunya dengan memahami S.P.O.K (Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan). Hal ini karena dalam bahasa Korea sendiri memiliki banyak grammar dan struktur bahasa yang harus dipelajari.

Perhatikan dan Catat Grammar yang Sering Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

pixabay.com
Foto : pixabay.com

Memperbanyak grammar dapat dipelajari dari mendengarkan podcast, observasi langsung dengan teman Korea, maupun menonton reality show Korea. Jangan lupa untuk mencatat tentang konteks pemakaian grammar, cara menggabungkan kalimatnya, dan situasi pemakaian grammar.

Latihan, Latihan, Latihan

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Berinisiatif untuk terus latihan belajar bahasa Korea, dengan mengingat 3 hal:

  1. Berani memulai walau terlambat (gak apa-apa kalau masih susah dan lama buat ngomong karena itu adalah proses dari belajar)
  2. Gak harus selalu sempurna (gak apa-apa kalau pelafalannya masih kurang bagus karena bisa dilatih)
  3. Membuat kesalahan (gak apa-apa kalau ada kesalahan dalam belajar, karena justru kesalahan yang diperbuat akan lebih mudah untuk diingat)

Mencari Teman Latihan

roses_are_rosie/instagram
Foto : roses_are_rosie/instagram

Teman latihan juga termasuk diri sendiri loh. Caranya bisa dengan menghilight kalimat menarik dan mengaplikasikan kalimat tersebut, yaitu dengan:

Membuat percakapan dengan diri sendiri

soompi
Foto : soompi

Mengobrol dengan teman yang juga sedang belajar bahasa Korea Bertanya ke guru bahasa Korea, guru online, maupun mencari jawaban di internet

Mulai mengobrol dengan orang lokal Korea. Jika kamu tidak tinggal di Korea, coba lakukan dengan bergabung ke komunitas, program, maupun aplikasi bahasa Korea

Mempunyai Rekan Terpercaya

dahhyunnee/instagram
Foto : dahhyunnee/instagram

Maksudnya ialah orang yang bisa memastikan kalau kalian belajar bahasa Korea dengan konsisten. Maka di awal proses belajar sudah ditentukan reward dan konsekuensi yang didapat kalau memenuhi maupun tidak memenuhi target pembelajaran yang sudah disepakati.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait