img_title
Foto : Istimewa

Korea Selatan – Sukses mencuri perhatian penonton, reality show adu kecerdasan Clash of Champions Ruangguru memberikan nuansa baru dalam ragam tayangan show di Indonesia. Bahkan, para peserta Clash of Champions pun turut menjadi sorotan warganet.

Karena tayang terbatas hanya 2 kali setiap pekannya, tentu penonton yang menginginkan tontonan serupa dibuat tak sabar. Tapi jangan khawatir, ada beberapa reality show adu kecerdasan Korea yang nggak kalah asyik ditonton.

Nah, daripada nggak sabar nungguin Clash of Champions Ruangguru tayang, kamu bisa mengisi waktu dengan menyaksikan sederet reality show Korea dengan konsep kompetisi kecerdasan yang mirip dengan Clash of Champions berikut ini!

1. University War (2023)

University War merupakan reality show Korea Selatan yang mengusung konsep adu kecerdasan antara perwakilan mahasiswa di universitas-universitas kenamaan Korea Selatan.

Tayang perdana di Coupang Play pada 23 November 2023 lalu, University War kembali menayangkan season keduanya pada pertengahan 2024 ini.

Acara ini bertujuan untuk menguji kemampuan matematika, deduksi, dan hafalan yang dikemas dalam bentuk tantangan. Terdapat elimonasi untuk setiap tim yang tidak bisa menyelesaikan tantangan dan memberikan jawaban yang tepat.

Pemenang dari acara ini pun akan mendapatkan hadiah yang sangat berguna yakni berupa beasiswa pendidikan.

2. Match of the Century: AI vs Human (2021)

Match of the Century: AI vs Human yang tayang di saluran TV SBS ini terdiri dari 5 episode. Aacara ini dibintangi oleh 5 peserta yang harus bertanding dengan AI.

Yang menarik, acara ini tidak hanya berfokus pada satu jenis kompetisi saja, melainkan juga ada bidang olahraga seperti golf, perdagangan saham, komposisi lagu hingga kemampuan membaca pikiran.

3. The Devil’s Plan (2023)

The Devil’s Plan merupakan salah satu reality show adu kecerdasan Korea Selatan yang asyik ditonton. Diikuti 12 peserta dengan berbagai macam latar belakang seperti pengacara, dokter beda, selebritas, YouTuber, aktor hingga idol KPop, acara ini menuntut mereka untuk mengandalkan strategi dan kecerdasan.

Peserta setiap harinya akan memainkan dua permainan dan harus mengumpulkan token emas. Pemenang dengan token emas terbanyak akan mendapatkan hadiah sebesar 500 juta won atau nyaris Rp6 miliar.

4. The Genius (2013-2015)

The Genius merupakan reality show Korea yang diikuti oleh para peserta dengan latar belakang profesi berbeda, seperti idol, aktor, influencer, hingga kalangan umum biasa.

Berfokus pada kecerdasan psikologi dan kemampuan sosial, para peserta dituntut dapat memanipulasi lawannya. Pemenang dari games ini akan mendapatkan 1 juta won atau sekitar Rp11 juta.

5. Bloody Game (2021 & 2023)

Tak hanya mengandalkan kecerdasan dan strategi, Bloody Game juga menuntut para pesertanya untuk menggunakan kekuatan fisik. Reality show Korea Selatan ini terdiri dari 2 season dan setiap seasonnya berisi 12 hingga 14 episode.

Peserta yang mengikuti games ini pun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari orang dari organisasi pemegang IQ tertinggi, pemain basket, lulusan kampus ternama, dan lainnya.

6. Society Game (2016)

Society Game merupakan reality show adu kecerdasan Korea yang berkonsep kelompok atau tim. Selama 14 hari, 22 orang peserta akan dibagi ke dalam dua tim untuk memenangkan tantagan.

Setiap tim yang kalah akan mengeliminasi salah satu anggotanya dan begitu seterusnya. Kedua tim akan bersaing dan pemenangnya akan mendapatkan 10 juta won atau sekitar Rp118 juta.

Topik Terkait