img_title
Foto : Viu

Korea Selatan – Masih banyak orang yang menganggap bawah film Korea dengan tema sejarah adalah film yang kurang seru. Padahal, pemikiran tersebut bisa saja keliru karena nyatanya ada banyak film sejarah yang menyajikan alur cerita menarik dan juga menghibur. Seperti misalnya Race to Freedom: Um Bok Dong, film yang dibintangi oleh Rain. Hal yang menariknya, ternyata film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dari pembalap sepeda legendaris di Korea Selatan.

Penasaran seperti apa filmnya? Yuk, simak sinopsis lengkap dari film Race to Freedom di bawah ini!

Sinopsis Race to Freedom

viu
source: imdb

Alur cerita dari film ini terinspirasi dari kisah nyata tentang seorang pembalap sepeda terkemuka di Korea, Um Bok Dong. Pada awalnya, Um Bok Dong hanyalah seorang pemuda biasa yang mencari uang dengan menjual air. Hingga suatu ketika, ia bertemu dengan penjual sepeda. Pertemuan tersebut kemudian membuat Um Bok Dong terinspirasi untuk memiliki sepeda agar nantinya bisa mengangkut lebih banyak air dengan mudah.

Setelah mendengar cerita itu, sang adik mendukung keinginan Um Bok Dong. Sebagai bentuk dukungannya, sang adik memberikan uang untuk biaya sekolahnya kepada Um Bok Dong agar dia bisa membeli sepeda. Namun, tidak lama setelah itu Um Bok Dong kehilangan sepedanya dan juga dimarahi oleh ayahnya setelah tahu apa yang terjadi.

Akhirnya Um Bok Dong pergi ke ibukota Seoul dengan niat untuk mencari nafkah dan mengembalikan uang biaya sekolah adiknya. Pada saat itulah, Um Bok Dong melihat iklan mengenai Kompetisi Sepeda Joseon yang diadakan oleh pemerintah Jepang. Melihat adanya hadiah yang besar untuk pemenang kompetisi tersebut, Um Bok Dong langsung memutuskan untuk bergabung.

Secara mengejutkan, Um Bok Dong memperlihatkan kemampuan bersepedanya yang luar biasa dan bahkan berhasil mengalahkan pembalap sepeda Jepang. Tidak tanggung-tanggung, Um Bok Dong juga meraih 12 kemenangan secara beruntun. Kemenangan yang diraih oleh Um Bok Dong ini telah membawa harapan dan rasa percaya diri pada rakyat Korea Selatan selama masa pendudukan Jepang. Mereka juga menyebut Um Bok Dong sebagai pahlawan nasional.

Tentunya kemenangan Um Bok Dong tidak disambut baik oleh pihak pemerintahan Jepang. Pasalnya, kompetisi balap sepeda itu ditujukan untuk mendominasi mereka terhadap rakyat Korea Selatan. Kemudian pemerintah Jepang memutuskan untuk mengadakan balapan final dengan menerapkan taktik licik agar Jepang bisa menang.

Pemeran Film Race to Freedom

viu
source: imdb

Topik Terkait