img_title
Foto : VIU

IntipSeleb – Siapa yang tidak kenal dengan koki terkenal dari Korea Selatan Baek Jung Won? Koki sekaligus pebisnis makanan Korea yang juga dikenal dengan Mr. Paik ini kembali diperbincangkan setelah memasak makanan khas dari Indonesia di dalam variety show Korea The Backpacker Chef 2.

The Backpacker Chef 2 kembali dengan Musim 2 setelah berhasil meraih kesuksesannya di Musim 1. Acara kuliner ini kembali dipimpin oleh Baek Jung Won dan bersama tim katering mereka pergi ke lokasi pemesan dan memasak sesuai dengan yang sudah dipesan. Ahn Bo Hyun kembali bergabung dengan Baek Jung Won, kemudian ada Lee Soo Geun, Go Kyung Pyo, dan Heo Kyung Wan yang baru bergabung sebagai tim katering.

Pada The Backpacker Chef 2 episode 7, tim katering mendapatkan tantangan memasak untuk 300 karyawan yang bekerja di Bandara Internasional Incheon, bandara tersibuk dan juga terbesar di Korea. Tim katering akan memasak 5 makanan dari 4 negara agar para karyawan bisa merasakan liburan melalui makanan yang mereka makan. Salah satu masakan yang dibuat oleh para koki adalah rendang, makanan khas Indonesia yang pastinya sudah tidak asing lagi untuk kita.

Selama proses memasak, Baek Jung Won sempat mengalami kesulitan karena dia kekurangan bumbu-bumbu yang penting untuk membuat rasa eksotis dari rendang. Hal ini dikarenakan mereka tidak bisa membawa bahan makanan apa pun ke dalam dapur bandara, jadi mereka hanya menggunakan bahan serta bumbu yang memang sudah tersedia di sana.

Meski sempat mengalami kesulitan karena tidak bisa menemukan bumbu rempah yang diperlukan untuk memasak rendang, Baek Jung Won tidak kehilangan ide untuk membuat daging yang dimasaknya benar-benar terasa mirip dengan rendang. Untuk menggantikan kecap manis, Baek Jung Won menggunakan gula, saus tiram, kecap asin kental, serta sebotol kecap ikan. Sari lemon digunakan untuk mengganti serai, bubuk kunyit, jahe, pala, lada hitam, dan bubuk ayam juga ditambahkan untuk mengganti bumbu lainnya.

Baek Jung Won kemudian membiarkan Lee Su Geun dan Ko Kyung Po untuk mencoba daging rendang tersebut, dan keduanya langsung memberikan reaksi kagum sambil berkomentar, “Wah, Indonesia.” Hanya tinggal menunggu daging menjadi lebih lembut dengan merebusnya dalam waktu yang lama, rendang bisa segera disajikan untuk para karyawan di bandara.

Mengingat sangat terbatasnya bumbu yang diperlukan untuk memasak rendang, Baek Jung Won mampu memperlihatkan kemampuannya untuk memberikan rasa yang semirip mungkin dengan rendang asli Indonesia. Bahkan para karyawan yang mencobanya mengatakan bahwa daging rendang yang dibuat memiliki rasa yang unik sehingga bisa membawa mereka merasa seperti sedang berlibur.

Topik Terkait