img_title
Foto : Pexels/Thought Catalog

IntipSelebBunuh diri menjadi peristiwa yang berpengaruh kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, masyarakat, hingga negara. Penyebab bunuh diri bisa terjadi oleh berbagai faktor seperti gangguan mental, depresi, konflik, dan hal lainnya.

Menurut data kesehatan WHO, bunuh diri menjadi penyebab kematian terbesar nomor empat di usia 15-29 tahun secara global pada tahun 2019. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 703.000 orang yang bunuh diri dan masih banyak lainnya yang mencoba untuk bunuh diri.

Dilansir dari CEO World Magazine, berikut negara dengan angka bunuh diri tertinggi!

1. Letosho

Negara Letosho menempati urutan pertama dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia, yakni 72,4 kasus per 100.000 orang. Tingkat bunuh diri di Letosho merupakan peristiwa yang paling jelas terjadi dari krisis kesehatan mental. Terdapat juga permasalahan lainnya yakni pandemi AIDS, kemiskinan, dan kesulitan mencari pekerjaan.

2. Guyana

Memiliki angka bunuh diri mencapai 40,3 kasus per 100.000 orang, Guyana berada tepat dibawah Letosho dengan negara yang meliliki angka bunuh diri tertinggi. Dilansir dari Wikipedia, sekitar 40% orang bunuh diri di Guyana dengan cara mengonsumsi pestisida pertanian. Terdapat banyak permasalahan yang menyebabkan tingginya angka bunuh diri di Guyana, salah satunya ialang banyaknya permasalahan sosial.

3. Eswatini

Menduduki peringkat angka bunuh diri tertinggi nomor tiga di dunia, Eswatini mencapai 29,4 kasus per 100.00 orang. Eswatini merupakan negara kecil di Afrika Selatan yang dulunya dikenal sebagai Swaziland.

4. Korea Selatan

Termasuk 5 besar negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia, Korea Selatan menunjukkan terjadinya 28,6 kasus per 100.000 orang melakan bunuh diri. Permasalahan finansial, kesehatan mental, alkohol, hingga kurangnya istirahat menjadi faktor penyebab tingginya angka bunuh diri di negeri Ginseng ini.

5. Kiribati

Negara Kiribati menjadi negara dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia, yakni mencapai 28,3 kasus per 100.000 penduduk. Minimnya fasilitas kesehatan mental dan banyaknya permasalahan sosial menjadi salah dua faktor tingginya angka bunuh diri.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait