img_title
Foto : Www.freepik.com/rawpixel.com

IntipSelebDiabetes, sebuah kondisi yang sering kita dengar, ternyata punya banyak seluk-beluk yang penting untuk dipahami. Dr. Richard Suwandi, Sp. PD, melalui kanal YouTube Kata Dokter, memberikan penjelasan yang santai namun sangat informatif tentang diabetes.

Diabetes adalah kondisi di mana kadar gula darah seseorang meningkat. Hal ini bisa terjadi karena gangguan pada kerja atau produksi insulin, atau bahkan keduanya. Insulin sendiri adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Nah, diabetes dibagi menjadi dua tipe, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2.

Diabetes Tipe 1 terjadi ketika pankreas, organ yang bertugas memproduksi insulin, mengalami kerusakan sehingga insulin tidak diproduksi sama sekali. Akibatnya, gula darah tidak bisa diserap oleh tubuh, dan kadar gula dalam darah pun meningkat.

Sementara itu, Diabetes Tipe 2 terjadi dengan mekanisme yang berbeda. Meski pankreas masih bisa memproduksi insulin, tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin tersebut. Kondisi ini disebut dengan resistensi insulin. Pada awalnya, pankreas akan bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak insulin, tapi lama-kelamaan, pankreas tak mampu lagi memenuhi kebutuhan insulin tubuh. Akibatnya, kadar gula darah pun meningkat.

Komplikasi: Basah vs. Kering

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Dr. Richard juga menjelaskan tentang komplikasi yang bisa muncul akibat diabetes, yang sering dikenal sebagai diabetes basah dan diabetes kering.

Topik Terkait