img_title
Foto : Unsplash/Element5 Digital

IntipSeleb – Memiliki rambut kuat, berkilau, dan anti rontok tentu menjadi dambaan semua orang karena menandakan imun tubuh yang sehat juga bisa menambah kepercayaan diri.

Kendati demikian kondisi rambut sehat tidak bisa didapatkan begitu saja, melainkan harus memperhatikan sejumlah perawatan rambut, termasuk makanan yang dikonsumsi tubuh.

Salah satu jenis makanan yang terbukti baik untuk kesehatan rambut adalah buah tomat.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan merangkum berbagai manfaat tomat yang berpengaruh bagi kesehatan rambut. Simak yuk selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Manfaat Tomat Untuk Atasi Rambut Rontok

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Tomat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut, termasuk mencegah kerontokan yang bisa memicu timbulnya kebotakan.

Ada berbagai kandungan zat baik dalam tomat, diantaranya terkandung likopen dan karoten, juga bersifat antioksidan, antiperadangan, dan antipenyaan.

"Buah tomat mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin C, ada juga kandungan vitamin A, E, dan juga mineral-mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan atau kekuatan," jelas DR. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, melansir dari YouTube Kata Dokter, 8 Agustus 2024.

Batasan Konsumsi Tomat Per Hari

Sayurbox
Foto : Sayurbox

Tomat bisa dikonsumsi dengan berbagai cara dari mulai membuat jus tomat, menjadi campuran salad, topping makanan, hingga dimakan mentah begitu saja.

DR. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si. menjelaskan jika tomat bisa dikonsumsi 3 kali sehari dengan jumlah 2 buah tomat setiap sesinya.

"Untuk sekali konsumsi sebetulnya kita boleh mengkonsumsi langsung sekitar 2 buah tomat dan boleh kita makan 3 kali sehari," pungkas DR. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.

Zat antioksidan yang terkandung pada tomat terbukti bisa memulihkan kerusakan pada rambut, sehingga buah ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki permasalahan terhadap rambutnya.

Topik Terkait