img_title
Foto : Pinterest/acnesvn

IntipSeleb – Setelah mencuci muka dengan sabun khusus wajah sering kali kulit menjadi terasa kencang, bahkan memberikan efek seperti ditarik.

Kondisi tersebut memicu timbulnya klaim jika wajah sudah bersih hingga anti penuaan alis bisa menarik keriput. Lantas benarkah demikian? Simak yuk faktanya lewat ulasan di bawah ini.

Fakta Kulit Kencang Habis Cuci Muka

Freepik/wayhomestudio
Foto : Freepik/wayhomestudio

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM menjelaskan jika kondisi kulit kencang habis mencuci muka timbul karena adanya kandungan detergen atau pembersih dalam sabun wajah.

Lebih lanjut, ditegaskan bahwa hal tersebut tidak ada pengaruhnya dengan anti penuaan, melainkan murni karena efek kandungan dalam sabun tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa efek kulit kencang sehabis cuci muka tidak menjamin kondisi wajah bersih seluruhnya ya.

Pasta Gigi Bisa Sembuhkan Jerawat

Freepik/ Karlyukav
Foto : Freepik/ Karlyukav

Di sisi lain, beberapa waktu lalu muncul tren yang menyebut pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat bahkan menghilangkan komedi dalam sekejap saja.

dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM memberikan klarifikasi bahwa hal tersebut keliru karena pasta gigi bukan tergolong obat yang dikhususkan untuk wajah.

Pasta gigi memiliki kandungan yang bisa menyebabkan iritasi pada wajah, sehingga tentunya harus dijauhkan dari jerawat maupun komedo.

Karena odol bukan obat tapi lebih ke pasta gigi yang fungsinya sebagai antiseptik, karena biasanya dalam pasta gigi ada kandungan triclosan, ada kandungan baking soda, alkohol, dan hidrogen peroxide,” jelas dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM.

Topik Terkait