img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Umat Islam dianjurkan untuk memegang teguh pada prinsip hablumilnallah habluminannas untuk menyeimbangkan urusan di dunia dan akhirat.

Jika hablumilnallah berarti urusan yang berhubungan dengan Allah seperti sholat, puasa, serta zakat, maka habluminannas diartikan sebagai urusan antar sesama manusia, yaitu menjalin hubungan baik, saling menolong, serta saling menjaga.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan membahas suatu topik yang berhubungan dengan habluminannas, yakni adab berteman dengan lawan jenis dalam ajaran Islam.

Sebagai umat muslim tentu diperingatkan untuk menjalin hubungan baik dengan siapa saja selama itu tidak merugikan orang lain. Namun perlu dicatat beberapa poin dalam menjalin pertemanan jika sosok tersebut merupakan seorang lawan jenis yang jenis kelaminnya berbeda. Scroll yuk selengkapnya!

Menjaga Aurat

Menjaga aurat wajib hukumnya bagi umat Islam, termasuk kepada sesama teman lawan jenis. Memakai pakaian yang pantas ketika berkumpul adalah sebuah solusi ketima sedang berada di area yang sama dengan lawan jenis.

Selain itu menjaga aurat juga memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya menghidari dari kegiatan maksirat.

Tidak Berduaan

Tidak berduaan dengan lawan jenis meski itu merupakan seorang kenalan merupakan adab berteman untuk menghindari maksiat yang berasal dari bisikan setan serta timbulnya fitnah.

Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah sekali-kali kamu berkhalwat (berduaan) dengan perempuan kecuali disertai mahramnya," (HR Bukhari dan Muslim).

Menjaga Pandangan

Ketika berbicara dengan seseorang tentu akan lebih baik dibarengi dengan menatap matanya sebagai bentuk sopan-santun dan kepercayaan diri.

Namun perlu dicatat jika antara lawan jenis harus menjaga pandangan mata meski menjalin hubungan pertemanan karena bukan mahram-nya. Hal itu juga termasuk dalam zina mata.

Sebagai umat muslim dianjurkan untuk menundukan pandangan, khususnya kepada laki-laki agar menjaga pandangan dari aurat-aurat yang tidak halal bagi mereka.

Firman Allah SWT dalam Surat An-Nur Ayat 30 berkata, “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

Itu tadi panduan ada berteman dengan lawan jenis dalam Islam. Semoga informasinya membantu ya.

Topik Terkait