img_title
Foto : Pinterest_panoramadelheraldo

IntipSeleb – Menjalani hubungan yang baik dan sehat tentu menjadi impian semua orang. Baik buruknya sebuah hubungan berjalan tentu akan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Hubungan yang berjalan sehat dapat memberikan pengaruh positif, sebaliknya hubungan yang berjalan tidak sehat dapat memberi pengaruh negatif dan dapat menimbulkan penderitaan.

Bagi kamu yang saat ini tengah terjebak dalam hubungan toxic, kamu harus mencoba keluar dari hubungan tidak sehat itu agar tidak berdampak lebih buruk pada kesehatan fisik dan mental. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk terlepas dari hubungan toxic:

Memahami penyebabnya dan berhenti menyangkal

pinterest_therelationshipguy
Foto : pinterest_therelationshipguy

Agar memiliki alasan yang kuat untuk terlepas dari hubungan toxic, kamu perlu memahami tentang hal apa yang menyebabkan hubungan kamu menjadi tidak sehat.

Jangan terus-terusan menyangkal bahwa kejadian ini tidak akan terulang lagi dan berharap pasangan kamu akan berubah suatu saat nanti, karena hal itu merupakan kemungkinan yang kecil.

Mencari Dukungan

pinterest_panoramadelheraldo
Foto : pinterest_panoramadelheraldo

Carilah dukungan dari orang-orang terdekat kamu seperti keluarga dan teman. Hal ini agar kamu dapat memiliki teman diskusi dan juga orang yang mendukungmu.

Dengan begitu, kamu menjadi tau tentang keputusan yang ingin dilakukan ini benar atau salah, bahkan berdiskusi mengenai langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Adanya dukungan juga dapat membuat kamu menjadi lebih berani dan yakin akan keputusan yang perlu diambil.

Membuat Keputusan Matang

pinterest_usatoday
Foto : pinterest_usatoday

Jika sudah benar-benar memahami bahwa hubungan kamu yang jalankan tidak sehat, selanjutnya kamu perlu membuat keputusan matang, salah satunya adalah dengan memutuskan hubungan.

Kamu dapat mencari momen yang tepat ketika kamu benar-benar sudah siap, agar kamu menjadi lebih percaya diri. Percayalah bahwa terjebak dalam hubungan toxic itu tidak sehat dan harus segera dihentikan.

Memperhatikan Keselamatan Diri

Freepik/pikisuperstar
Foto : Freepik/pikisuperstar

Memperhatikan keselamatan diri menjadi cara yang penting untuk kamu lakukan. Tidak jarang putusnya sebuah hubungan dapat membuat seseorang menjadi manipulatif dan tidak mau untuk melepaskan kamu.

Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental karena terlibat dari hubungan toxic. Kamu juga dapat meminta bantuan orang-orang terdekat untuk memastikan kamu tetap aman.

Menyembuhkan Luka

Freepik/DC Studio
Foto : Freepik/DC Studio

Putus dari sebuah hubungan tentunya akan meninggalkan jejak di dalam pikiran. Agar kamu tidak terus-terusan memikirkan hal yang tidak perlu, coba deh lakukan kegiatan positif atau kegiatan baru. Hal ini supaya kamu dapat terus berpikiran baik dan menjadi good mood.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait