img_title
Foto : Nusantic

IntipSeleb – Kehidupan modern, dengan segala kerumitannya, seringkali menimbulkan tekanan yang dapat mengusik ketenangan jiwa. Ketika pikiran mulai penuh dan jenuh, terkadang ada gejolak batin yang menganggu kedamaian diri.

Walau demikian, perlu diperhatikan ya jika keinginan mengakhiri hidup bukanlah jalan keluarnya. Makanya, kamu perlu melakukan sesuatu untuk menenangkan pikiranmu. Melansir Calm dan sumber lainnya, ini tujuh hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiranmu!

1. Meditasi

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Kegiatan meditasi meskipun hanya dilakukan dalam durasi singkat, mampu mengurangi stres secara signifikan dan merangsang relaksasi. Mulailah dengan lima menit setiap hari, fokuskan perhatian pada napas atau suara-suara sekitar untuk menenangkan diri.

2. Latih Pernapasan

freepik.com
Foto : freepik.com

Kedua, latih pernapasan terkontrol. Teknik pernapasan yang diatur dapat membantu mengelola kecemasan. Ambil napas dalam melalui hidung selama empat hitungan, tahan selama enam hitungan, dan hembuskan melalui mulut selama delapan hitungan. Metode ini efektif dalam melepaskan ketegangan dan menenangkan sistem saraf.

3. Ekspresikan Diri

Freepik/ Benzoix
Foto : Freepik/ Benzoix

Menuliskan pikiran atau berdiskusi dengan teman terpercaya dapat menjadi terapi emosional. Proses ini memungkinkan individu untuk mengolah perasaan dan memperoleh perspektif yang lebih luas terhadap tantangan yang dihadapi.

4. Aktivitas Fisik atau Olahraga

YouTube Kata Dokter
Foto : YouTube Kata Dokter

Gerakan tubuh secara teratur, seperti berjalan kaki atau yoga, dapat meningkatkan suasana hati dan membersihkan pikiran. Sisihkan waktu untuk berjalan singkat selama istirahat atau praktikkan yoga untuk meredakan ketegangan.

5. Tantang Pikiran Negatif

freepik.com
Foto : freepik.com

Ketika merasa terbebani, secara aktif lawan pikiran-pikiran negatif. Ingatkan diri sendiri akan keberhasilan masa lalu dan kesiapan menghadapi tantangan untuk mengubah pola pikir dari kekhawatiran menjadi kepercayaan diri.

6. Pakai Bantuan Objek

Cosmos Magazine
Foto : Cosmos Magazine

Gunakan objek pemusatan perhatian. Carilah benda kecil, seperti batu halus atau liontin, untuk dipegang saat merasa cemas. Benda ini dapat berfungsi sebagai pengingat fisik untuk memusatkan diri dan mengurangi pikiran-pikiran irasional.

7. Baca atau Dengarkan Hal Menyenangkan

www.freepik.com/lookstudio
Foto : www.freepik.com/lookstudio

Baca atau dengarkan konten yang menenangkan. Membaca buku yang baik atau mendengarkan cerita yang menenangkan dapat mengalihkan pikiran dari stres. Hindari media sosial, karena seringkali dapat meningkatkan tingkat kecemasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini ke dalam rutinitas harian, seseorang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola stres dan mempertahankan ketenangan pikiran. Penting untuk diingat, setiap langkah kecil menuju keseimbangan mental adalah hal yang berarti dalam melawan pikiran-pikiran negatif yang dapat mengarah pada tindakan impulsif dan merusak.

Ingat, tidak ada keuntungan dalam mengakhiri hidup. Setiap tantangan, betapapun beratnya, adalah sementara. Dengan mencari bantuan, membangun dukungan sosial, dan menerapkan strategi penenang pikiran, individu dapat menemukan harapan dan tujuan baru. Semangat terus!

Topik Terkait