img_title
Foto : Freepik/benzoix

IntipSelebKomedo itu kayak tamu tak diundang yang nongkrong lama di hidung. Membandel, bikin bete, dan mengurangi rasa percaya diri.

Eits, tapi jangan khawatir! Ada kok cara jitu buat ngusir komedo membandel itu. Ini dia 7 jurus ampuhnya!

1. Serbu Komedo dengan Cleanser Wajah!

Freepik/bonzoix
Foto : Freepik/bonzoix

Langsung sikat komedo pakai tangan? No way! Musuhin komedo harus pakai senjata ampuh, yaitu cleanser wajah yang lembut. Pakai cleanser dua kali sehari, pagi dan malam, buat ngangkat minyak dan kotoran yang nyangkut di pori-pori. Pori bersih, komedo pun minggir!

2. Eksfoliasi, Senjata Rahasia Lawan Sel Kulit Mati

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze

Komedo bisa betah nongkrong karena sel kulit mati yang menumpuk. Nah, eksfoliasi adalah jurus jitu buat ngeluarin sel kulit mati itu. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu biar kulit bersih dan komedo nggak betah lagi.

3. Pore Strip, Penghisap Komedo yang Wajib Dicoba!

freepik.com
Foto : freepik.com

Pore strip kayak penolong cepet buat ngeluarin komedo. Basahi hidung kamu, tempel pore strip, terus tunggu kering. Setelah itu, tarik perlahan deh. Lihat tuh, komedo yang nyangkut langsung terangkat! Tapi inget, pore strip cuma solusi sementara, ya.

4. Jaga Kelembapan Kulit

freepik.com
Foto : freepik.com

Kulit kering justru bikin produksi minyak berlebih. Minyak berlebih inilah yang bisa nyangkut di pori-pori dan jadi komedo. Jadi, penting banget buat jaga kelembapan kulit dengan pelembab wajah. Pakai pelembab yang ringan dan cocok buat jenis kulit kamu, ya!

5. Clay Mask

freepik.com
Foto : freepik.com

Masker tanah liat atau arang aktif (charcoal) cocok banget buat kamu yang punya kulit berminyak dan komedoan. Masker ini kayak magnet yang bisa nyerap minyak berlebih di wajah. Pakai masker clay 1-2 kali seminggu buat ngontrol minyak dan bikin komedo minggir.

6. Jauhi Scrub Kasar

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Scrub yang kasar memang menggoda buat ngangkat komed. Tapi tahan dulu, deh! Scrub yang kasar bisa bikin kulit iritasi dan malah memperparah kondisi komedo. Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

7. Konsultasi ke Dokter Kulit

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Udah coba semua jurus di atas tapi komedo tetep betah nongkrong? Jangan ragu buat konsultasi ke dokter kulit. Mereka punya senjata ampuh lain, seperti ekstraksi komedo dengan teknik khusus atau perawatan laser, buat ngelawan komedo bandel kamu.

Nah, itu dia tips mengalahkan komedo yang membandel secara maksimal. Langsung aja deh dipraktekin buat tampilan hidung yang kinclong pol!

Topik Terkait