img_title
Foto : Freepik/brgfx

IntipSelebPenyakit kuning adalah salah satu kondisi penyakit yang mudah diketahui. Sesuai namanya, penderita penyakit kuning akan mengalami perubahan di kulit menjadi warna kuning.

Lantas, bagaimana pengobatan penyakit kuning? Yuk, intip penjelasan dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter!

Apa Itu Penyakit Kuning?

Penyakit kuning atau jaundice adalah kondisi medis ketika terjadi perubahan warna pada tubuh, terutama kulit dan mata, menjadi kekuningan.

Penyakit kuning ini disebabkan oleh kadar Bilirubin yang meningkat.

Penyakit kuning biasanya menyerang bayi, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada orang dewasa.

Penyebab penyakit kuning pada orang dewasa dapat terjadi karena gangguan proses pembentukan dan pembuangan Bilirubin. Bilirubin adalah zat yang memberikan pigmen kuning epada tinja dan urin.

Normalnya, bilirubin dihasilkan melalui pemecehan sel darah merah dalam hati dai dikeluarkan melalui tinja. Namun, pada penderita penyakit kuning, proses pemecahan bilirubin tidak berjalan normal. Alhasil, proses itu menumpuk dan menyasar ke kulit menjadi warna kuning.

Ciri-ciri Penyakit Kuning

Freepik/brgfx
Foto : Freepik/brgfx

Jangan khawatir, penyakit kunng pada orang dewasa dapat diketahui. Berikut ini gejala-gejala penyakit kuning antara lain:

  1. Warna kulit berubah warna menjadi kuning, karena tingginya kadar bilirubin di darah.
  2. Mata menjadi kuning.
  3. Air kencing berubah warna menjadi gelap atau coklat tua.
  4. Tinja berubah warna menjadi pucat.
  5. Mual.
  6. Sakit kepala.
  7. Nyeri perut
  8. Penurunan nafsu makan
  9. Berat badan berkurang

Pengobatan Penyakit Kuning

Freepik/brgfx
Foto : Freepik/brgfx

Pengobatan penyakit kuning berbeda-beda, karena tergantung dengan jenisnya.

Untuk penyakit kuning pre-hepatic, yang merupakan kondisi sel darah merah hancur terlalu cepat. Misalnya, kondisi ini disebabkan infeksi malaria sehingga pengobatannya diberikan obat antimalaria.

Kemudian, penyakit kuning intrahepatik atau di hati. Pengobatan dilakukan untuk mencegah perluasan kerusakan di hati. Maka, pengobatannya dapat berupa pemberian obat antivirus dan obat hati lainnya.

Pada intinya, jika seseorrang mengalami gejala penyakit kuning, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan mendiagnosa penyebab penyakit kuning yang diderita lalu diberikan obat yang tepat.

Topik Terkait