img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Berkunjung ke tempat wisata akan kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencoba kuliner khas daerahnya. Berbagai makanan khas dengan rasa yang lezat siap untuk disantap para wisatawan, salah satunya adalah kuliner khas Bantul.

Tidak hanya terkenal dengan objek wisata saja, salah satu daerah yang terletak di daerah Yogyakarta ini juga terkenal dengan kulinernya.

Banyak disukai, ini dia 7 rekomendasi makanan khas Bantul yang enak untuk dicoba!

Sate Klathak

pinterest-geksa28
Foto : pinterest-geksa28

Sesuai dengan namanya, sate akan mengeluarkan bunyi ‘klathak’ daging ditaburi dengan garam selagi di bakar. Berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk dengan bambu, sate klathak justru ditusuk dengan batang besi agar daging dapat terbakar merata. Sate yang berisi daging kambing muda ini disajikan dengan kuah gulai dan cabai yang dapat menambah cita rasa.

Mie Lethek

Margo Post
Foto : Margo Post

Memiliki warna yang kecoklatan sehingga dinamakan lethek, mie lethek dibuat dari bahan tepung tapioka dan singkong. Meski begitu, mie lethek memiliki rasa yang lezat dan bisa disajikan goreng maupun kuah.

Bakmi Pentil

facebook @Kota Solo
Foto : facebook @Kota Solo

Memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran besar dan panjang, bakmi pentil memiliki rasa yang lezat loh. Bakmi pentil memiliki kuning dan putih yang menjadi ciri khasnya.

Miedes

genpi
Foto : genpi

Miedes merupakan kependekan dari Mie Pedes, makanan yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Miedes dibuat dari bahan tepung katela atau tepung tapioka, dan bisa dimasak dengan digoreng maupun kuah. Memiliki ukuran mie yang lebih besar daripada mie biasanya, miedes menggunakan udang kering atau ebi sebagai topingnya.

Peyek Tumpuk

Jogja Kita
Foto : Jogja Kita

Memiliki bentuk yang bertumpuk dan tidak beraturan dari kacang tanah menjadi makanan ini dinamakan peyek tumpuk. Meski begitu, peyek tumpuk memiliki rasa renyah dan bisa dijadikan cemilan maupun teman makan nasi.

Gudeg Manggar

pinterest-ariaadams0105
Foto : pinterest-ariaadams0105

Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang memiliki rasa manis, gudeg manggar justru memiliki rasa gurih karena dibuat dari manggar atau putik bunga kelapa. Gudeg manggar cocok disajikan dengan ayam kampung hingga sambal sesuai selera.

Geplak

pinterest-niarohaniah
Foto : pinterest-niarohaniah

Geplak merupakan jajanan khas Bantul yang biasa dijadikan oleh-oleh. Geplak memiliki beragam warna yang dibuat dari kelapa parut, tepung, dan gula sehingga menghasilkan cita rasa manis.

Jangan lewatkan ANTV berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul menghadirkan Festival ANTV Rame di Lapangan Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 27 Juli 2024, mulai pukul 06.00 WIB.

Beragam kegiatan akan memeriahkan Festival ANTV Rame. Masyarakat dapat ikut serta dalam rangkaian acara yang terdiri dari senam pagi fresh & fun, sarapan gratis, bazar UMKM, lomba mewarnai, lomba memasak, lomba susun puzzle, lomba mirip Masha, kelas memasak, lomba bakiak, cosplay competition, dan mobile legend competition.

Tak hanya kegiatannya yang beragam, Festival ANTV Rame kali ini akan menyajikan berbagai hiburan yang diisi oleh musisi-musisi Tanah Air di antaranya Tri Suaka, Nabila Maharani, Yeni Inka, Ratna Antika, Mala Agatha, Rheyna Morena, Niniet Kaluna, Guntur Nanda, Tasya Kirana, Sela Andreena. Acara tersebut dipandu oleh Ibnu Jamil, Ummi Quary, Yudha Dadang, serta Nia Carmela.

Rangkaian acara Festival ANTV Rame juga akan menghadirkan Grebeg Pasar yang dilaksanakan di Pasar Imogiri, Bantul, pada Jumat, 26 Juli 2024 pukul 06.00 WIB. Acara yang akan dipandu oleh Yudha Dadang dan Nia Caramel ini dimeriahkan dengan penampilan Dhimas Tedjo, Ardhiya Leona, Eka Fatmala, Guntur Nanda, dan Padmaraja. Kamu juga dapat mengikuti kegiatan senam sehat bersama, periksa kesehatan gratis, dan games berhadiah. Bagi yang beruntung, nantikan doorprize menarik yang akan dibagikan secara acak selama acara berlangsung.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait