img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSelebKesehatan mental kerap kali dipandang sebelah mata, padahal perannya sangat krusial dalam membentuk kehidupan yang berkualitas dan bahagia. Dengan kesehatan mental yang baik, ini bisa menjadi salah satu faktor pencegahan munculnya pikiran bunuh diri.

Seperti bagaimana Jembatan Balerang Batam yang kerap kali menjadi lokasi bunuh diri. Karena maraknya aksi mengakhiri hidup di sana, Jembatan Balerang Batam dirukiah. Rukiah ini dimulai dengan salat hajat dua rakaat, lalu salat gaib, dan terakhir memanjatkan doa untuk keselamatan serta ketentraman di Jembatan Balerang Batam.

Terlepas dari itu, memiliki kesehatan mental yang baik
dapat pula memberikan fondasi yang kokoh untuk kita menjalani hari-hari. Berikut sepuluh alasan pentingnya menjaga kesehatan mental seperti disadur dari Plansreetinc hingga SNHU.

1. Hubungan yang Harmonis

Freepik/prostooleh
Foto : Freepik/prostooleh

Kesehatan mental yang baik memungkinkan kita untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dengan orang-orang terdekat, baik keluarga maupun teman. Jalinan sosial yang kuat ini menjadi sumber dukungan dan mengurangi perasaan terisolasi, faktor yang dapat memicu munculnya pikiran negatif.

2. Kesehatan Fisik yang Optimal

YouTube Kata Dokter
Foto : YouTube Kata Dokter

Kondisi mental dan fisik saling berkaitan erat. Stres kronis, misalnya, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit fisik. Kondisi ini pada akhirnya dapat memicu munculnya pikiran bunuh diri.

3. Kesejahteraan Emosional

Freepik/ Benzoix
Foto : Freepik/ Benzoix

Kesehatan mental secara signifikan memengaruhi cara kita merasakan dan berpikir tentang kehidupan. Dengan mental yang sehat, kita dapat mengelola emosi secara efektif, mengatasi stres dengan lebih baik, dan mempertahankan pandangan positif. Hal ini tentunya berperan besar dalam mengurangi risiko munculnya pikiran-pikiran yang merugikan.

4. Produktivitas yang Meningkat

Pexels/fauxels
Foto : Pexels/fauxels

Individu dengan kesehatan mental yang baik umumnya lebih produktif, baik dalam pekerjaan maupun pendidikan. Rasa pencapaian dan tujuan hidup yang didapatkan dari produktivitas dapat mengurangi perasaan putus asa yang kerap menjadi pemicu pikiran bunuh diri.

5. Citra Diri dan Rasa Percaya Diri yang Kuat

Freepik/racool_studio
Foto : Freepik/racool_studio

Citra diri yang positif dan rasa percaya diri merupakan manfaat utama dari kesehatan mental yang baik. Kedua faktor ini berperan penting dalam membantu kita menghadapi tantangan hidup dengan lebih mudah, sehingga mengurangi risiko munculnya pikiran bunuh diri.

6. Pengelolaan Stres yang Efektif

Thinkstock
Foto : Thinkstock

Kesehatan mental turut memengaruhi cara kita menangani stres. Individu dengan mental yang sehat memiliki kemampuan untuk mengatasi stres secara lebih efektif, sehingga mengurangi risiko munculnya pikiran bunuh diri.

7. Kualitas Hidup yang Lebih Baik

www.freepik.com/partystock
Foto : www.freepik.com/partystock

Kesehatan mental yang baik menjadi kunci untuk menikmati kualitas hidup yang lebih tinggi. Kita akan memiliki lebih banyak energi dan semangat untuk terlibat dalam aktivitas yang kita sukai. Hal ini tentunya dapat mengurangi perasaan putus asa yang dapat memicu pikiran bunuh diri.

8. Ketahanan Mental

freepik.com
Foto : freepik.com

Kesehatan mental berperan dalam membangun resiliensi, yaitu kemampuan untuk bangkit kembali dari keterpurukan dan menghadapi tantangan dengan lebih cepat. Adanya resiliensi dapat mengurangi risiko munculnya pikiran bunuh diri dengan memberikan rasa kendali dan pemberdayaan.

9. Menurunnya Risiko Penyakit Fisik

Freepik/ Drazen Zigic
Foto : Freepik/ Drazen Zigic

Kondisi mental yang terabaikan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit fisik seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Ini pada akhirnya dapat memperparah kondisi mental dan memicu munculnya pikiran bunuh diri.

10. Upaya Pencegahan Bunuh Diri

mental health
Source: freepik/freepik

Menangani masalah kesehatan mental secara dini dan tepat dapat mencegah munculnya pikiran dan perilaku bunuh diri. Intervensi dan pengobatan dini terbukti mampu meningkatkan kondisi kesehatan mental secara signifikan dan mengurangi risiko bunuh diri.

Dengan memprioritaskan kesehatan mental dan berani mencari bantuan saat dibutuhkan, kita dapat mempertahankan kondisi mental yang positif, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Hal ini tentunya berperan besar dalam menciptakan kehidupan yang bahagia dan produktif, serta jauh dari pikiran-pikiran yang merugikan, termasuk terhindar dari keinginan mengakhiri hidup.

Topik Terkait