img_title
Foto : Jagran Josh

IntipSeleb – Pernah dengar pepatah "tubuh tak bisa berbohong"? Ternyata, gerak-gerik kita sehari-hari, termasuk cara menyilangkan tangan, bisa ngasih clue tentang kepribadian, lho!

Yuk, kita kenali diri sendiri dan orang lain lewat tes kepribadian yang gampang dan menyenangkan ini, seperti disadur dari Jagran Josh!

1. Silang Satu Tangan di Depan

Tes kepribadian
source: jagran josh

Silang satu tangan di depan biasanya dipakai orang yang lagi merasa terancam, sedih, atau tegang. Kayak lagi berusaha nenangin diri sendiri pas lagi di keramaian yang bikin overwhelmed. Bisa jadi mereka merasa kurang pede atau nggak nyaman dilihat banyak orang.

Nah, kalau lagi ngobrol terus lawan bicara nyilang tangan gini, bisa jadi mereka merasa nggak nyaman atau nggak setuju sama omongan kita. Gestur ini sering dipakai mereka yang pemalu, introvert, atau lagi gundah. Senyum lebar mungkin bisa menutupi perasaan mereka, tapi silangan tangannya jujur ngasih tahu yang sebenarnya.

2. Silang Dua Tangan di Depan

Tes kepribadian
source: jagran josh

Silang tangan kayak memeluk perut sendiri? Gestur ini biasanya dipakai mereka yang sebenernya lagi ngerasa rentan dan gugup, tapi pengin terlihat percaya diri di depan orang lain. Biasanya, orang yang nggak suka merasa terekspos atau rentan bakal pake gaya ini. Dari ilmu body language, gaya ini malah nunjukkin ketidakpercayaan diri.

Biasanya, orang yang nggak nyaman sama dirinya sendiri bakal pake gaya ini. Gestur ini juga bisa ngasih tahu kalau lagi ada yang berusaha mengendalikan diri, entah karena grogi atau takut. Kecuali lagi di acara formal dengan pembicara yang berwibawa, gaya ini bisa nunjukkin stres dan ketegangan. Sebaiknya hindari gaya ini kalau pengin terlihat pede dan tegas.

3. Silang Satu Tangan Terbuka di Belakang

Tes kepribadian
source: jagran josh

Silang tangan di belakang dengan kedua tangan dikaitkan nunjukkin kepercayaan diri dan kebanggaan yang tinggi. Gestur ini beda sama yang sebelumnya yang dipakai buat nenangin diri. Silang tangan di belakang nunjukkin posisi terbuka, di mana seluruh tubuh terekspos. Ini artinya, orang tersebut merasa nyaman dan santai dengan dirinya sendiri. Mereka percaya diri dan nggak takut terlihat rentan.

Sebaliknya, mereka malah nunjukkin superioritas, kekuatan, dan kepercayaan diri. Gestur ini bisa jadi cara buat dapetin respek dan nunjukkin wibawa. Tapi, kalau dipakai sama orang dengan jabatan yang nggak terlalu tinggi, bisa jadi nunjukkin rasa frustrasi dan ketidaksenangan. Biasanya, gaya ini dipakai pemimpin, polisi, CEO, guru, atau siapapun yang punya figur otoritas.

4. Silang Satu Tangan Tertutup di Belakang

Tes kepribadian
source: jagran josh

Silang satu tangan tertutup di belakang nunjukkin orang yang lagi ngerasa nggak pede dan kurang percaya diri. Gestur ini nunjukkin sikap pasrah dan kurangnya kekuatan. Bisa jadi mereka lagi berusaha nenangin diri sendiri. Makin kuat dan tinggi cengkeraman tangan di punggung, makin besar rasa gelisah, gugup, frustrasi, dan stres yang dirasakan orang tersebut.

Gestur ini biasanya nunjukkin orang yang lagi nyari kenyamanan dan keamanan biar bisa tenang. Biasanya, mereka yang ngerasa cemas di keramaian atau deket figur otoritas bakal pake gaya silangan tangan ini. Remaja dan anak-anak yang nggak yakin sama jawaban mereka atau lagi takut juga bakal berdiri dengan silangan tangan kayak gini. Sebaiknya, hindari gaya ini dan coba gaya silangkan tangan dengan kedua telapak menempel di punggung biar ngerasa lebih percaya diri dan memegang kendali.

Nah, itulah tes kepribadian berdasarkan gaya menyilangkan tangan. Kamu sering yang mana nih, Inselicious?

Topik Terkait